Breaking News:

Dukung Ketegasan Bobby Nasution 'Libas' Pungli Pasien Covid-19 di Rumah Sakit

Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Corry Novrica AP Sinaga

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Wali Kota Medan Bobby Nasution bertemu keluarga korban Covid-19 di pemakaman khusus Covid-19 di Simalingkar 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Corry Novrica AP Sinaga memberikan apresiasi terhadap ketegasan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Apalagi, secara tegas menantu Presiden Joko Widodo ini melarang rumah sakit mengutip biaya kepada pasien Covid-19

Selain itu, Bobby Nasution juga mengancam akan menjatuhkan sanksi bagi pegawai rumah sakit yang ketahuan melakukan pungli. Karena itu, ia menilai sikap Bobby Nasution patut didukung masyarakat banyak. 

"Sikap tegas ini sangat baik sekali. Apalagi saat ini masyarakat sudah menderita akibat pandemi Covid-19 yang tidak berkesudahan," ujarnya saat memberikan keterangan kepada tim media Bobby Nasution, beberapa waktu lalu. 

Ia menyebutkan dampak pandemi Covid-19 membuat masyarakat kesulitan, baik secara ekonomi maupun banyak warga yang kehilangan anggota keluarganya. Saat ini, banyak warga berebut rumah sakit demi mendapatkan fasilitas kesehatan 

“Banyak masyarakat berebut untuk dirawat di rumah sakit guna mendapatkan perawatan dan penanganan. Tapi, terkadang ada rumah sakit yang menggunakan prinspi ekonomi di mana semakin banyak permintaan, maka semakin menaikkan harga. Itu sangat bahaya sekali, terlebih kita bicara soal kemanusiaan," katanya. 

Menurutnya, pemerintah sudah menyiapkan alokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 maka sangat keterlaluan petugas medis yang melakukan pungli. 

“Kementerian kesehatan dan Pemko Medan telah menyiapkan anggaran untuk penanganan Covid-19. Jika rumah sakit masih meminta biaya lagi, itu sudah sangat terlalu jahat. Sebab, rumah sakit juga punya misi kemanusiaan yang harus diutamakan tidak hanya bisnis,”  ujarnya seraya menyampaikan pujian terhadap ketegasan Bobby Nasution.

Alangkah lebih baiknya, kata dia, Bobby Nasution juga mencari tahu rumah sakit mana yang melakukan hal tersebut, baik rumah sakit swasta kecil sampai yang besar agar tidak mengambil kesempatan untuk memberlakukan biaya yang sudah ditanggung pemerintah.

“Ini adalah musibah kemanusiaan, jadi jangan sampai ada yang mengambil keuntungan," ungkapnya. 

Sediakan Dua Tempat Isoter

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved