Breaking News:

Hanya 39 Orang dari 487 Pelamar CPNS Karo yang Sanggah Dinyatakan Lolos Administrasi

Sebanyak 39 dari 478 orang pendaftar yang menyanggah pengumuman seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dinyatakan lolos administrasi.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Liston Damanik
HO / Tribun Medan
Pengumuman Terbaru CPNS 2021 

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Sebanyak 39 dari 478 orang pendaftar yang menyanggah pengumuman seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021dinyatakan lolos administrasi.

Kepala Bidang (Kabid) pemberdayaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, Hendra Bangun S.si. Hendra menjelaskan, setelah menerima sanggahan dari para pelamar yang sebelumnya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), pihaknya kembali melakukan pemeriksaan ulang.

"Jadi setelah proses sanggahan, kita kembali melakukan pemeriksaan ulang. Dan setelah kita periksa, sebanyak 39 orang dinyatakan berubah status dari TMS menjadi MS atau lulus seleksi administrasi," ujar Hendra, Rabu (18/8/2021).

Hendra menjelaskan, adapun alasan dari 39 orang pelamar ini berubah status dari TMS menjadi MS karena sanggahan dari para pelamar ini dianggap memenuhi syarat. Dirinya mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap sanggahan dari para pelamar ini diketahui persyaratan administrasi yang diminta sudah memenuhi persyaratan.

"Ya namanya pemeriksaan ini secara manual, jadi ada kesalahan teknis pada tim yang melakukan pemeriksaan. Setalah ada sanggahan dan kita periksa kembali, ternyata persyaratannya sudah memenuhi kriteria yang diminta," ucapnya.

Ketika ditanya berkas apa yang sempat membuat pelamar TMS dan kini berubah status menjadi MS, Hendra menjelaskan jika ada beberapa berkas yang sempat menjadi kendala. Seperti berkas berupa ijazah pelamar yang dianggap tidak sesuai dengan kriteria jurusan yang diminta, kemudian mengenai akreditasi perguruan tinggi dari instansi yang berkompeten, dan lainnya.

Ia mengatakan setelah tim verifikator kembali melakukan pemeriksaan didapati sanggahan dari 39 orang tersebut dinyatakan sesuai dengan dokumen yang diminta. Sedangkan 448 orang lainnya, diketahui berkas yang diminta menang tidak sesuai dengan yang diserahkan.

Lebih lanjut, pria berkacamata ini menjelaskan jika sebelumnya saat pengumuman seleksi administrasi pertama ada sebanyak 2959 orang yang dinyatakan MS. Kemudian, setelah proses masa sanggah jumlah yang lulus administrasi bertambah 39 orang sehingga saat ini jumlah pelamar CPNS Karo yang lulus administrasi sebanyak 2998 orang.

Untuk tahap selanjutnya, Hendra menjelaskan pihaknya sampai saat ini masih menunggu instruksi selanjutnya untuk proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Dirinya mengatakan, informasi terakhir yang didapat pelaksanaan ujian ini akan dilakukan di antara bulan Agustus hingga Oktober. Kemudian, untuk pelaksanaan ujian sendiri sampai saat ini direncanakan akan dilaksanakan di Kantor Badan Kepegawaian Negeri (BKN) regional Medan. (cr4/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved