Breaking News:

Update Covid 19 di Siantar

SATGAS Covid-19 Siantar Sudah Dirikan Tenda Sidang bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

Kepala Satpol PP Pematangsiantar Robert Samosir mengatakan saat ini mereka tengah dalam tahapan pemberian sanksi teguran.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Randy P.F Hutagaol
TRIBUN MEDAN/ ALIJA
Tenda Sidang di Tempat yang didirikan Satgas Covid-19 berada di halaman Kantor Dinas Pariwisata Siantar, Rabu (18/8/2021). (TRIBUN MEDAN/ ALIJA) 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Pelaksanaan sidang di tempat bagi pelanggar protokol kesehatan di Kota Pematangsiantar bakal digelar.

Teranyar, Satgas Covid-19 Pematangsiantar sudah memasang tenda sidang di depan Kantor Dinas Pariwisata Jalan Merdeka, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat.

Lebih lanjut tentang pelaksanaan sidang, Kepala Satpol PP Pematangsiantar Robert Samosir mengatakan saat ini mereka tengah dalam tahapan pemberian sanksi teguran.

"Terkait sidang di tempat pelanggar prokes di Kota Pematangsiantar, bahwa untuk saat ini masih dalam tahapan penyampaian teguran terhadap masyarakat dan pelaku usaha yang melanggar peraturan," kata Robert, Rabu (18/8/2021) sore.

Robert bilang sudah ada ratusan masyarakat maupun pelaku usaha yang sudah dilayangkan teguran tertulis.

Ia pun mewanti-wanti para pihak bersangkutan tentang sidang di tempat bila tidak mengindahkan teguran pertama.

Robert menuturkan, dalam pelaksanaan sidang yang mengharuskan adanya penyidik Pegawai Negeri Sipil (PNS), Satpol-PP Pematangsiantar sudah berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara. Mengingat dasar hukum yang digunakan adalah Perda Provinsi Sumatera Utara No. 1 Tahun 2021.

Kemudian, hasil koordinasi yang dilakukan dengan Pemprov Sumut, maka pihak Satpol-PP Pemprov Sumut akan mendampingi penegakan hukum yang dilakukan oleh Satpol PP Pematangsiantar.

"Kota Pematangsiantar masih memiliki Peraturan Wali Kota. Oleh karena itu kita akan melaksanakan (memakai) Perda Provinsi Nomor 1 Tahun 2021. Dan sesuai hasil koordinasi dan pelajari, untuk penyidik PNS pelanggar Perda harus ditunjuk oleh Kepala Satpol PP Sumut," kata Robert.

Robert berasumsi Satpol-PP Provinsi Sumut akan tiba di Kota Pematangsiantar pada pekan depan untuk memberi pendampingan penegakan disiplin protokol kesehatan.

"Yang dikenakan sanksi adalah bagi mereka yang melanggar lebih dari satu kaki setelah teguran tertulis," tegas Robert yang ditemui di kantin Satpol-PP Pematangsiantar.

Pematangsiantar sendiri tengah berada dalam pelaksanaan PPKM Level IV sejak 10 Agustus 2021 lalu.

Angka terkonfirmasi positif Covid-19 yang mencapai 1.000 orang dalam beberapa pekan terakhir di tengarai menjadi penyebabnya.

(alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved