Breaking News:

Dinkes Karo Salurkan Vaksinasi Dosis Ketiga Untuk Nakes, Pertama Kali Dilakukan di RSU Kabanjahe

Kadis Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala, pihaknya hari ini mulai menyalurkan vaksin bagi Nakes pertama kali di RS Kabanjahe.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/ NASRUL
Kadis Kesehatan Karo Drg Irna Safrina Meliala M.kes (baju hijau), menunjukkan vial vaksin moderna usai menjalani vaksinasi dosis ketiga, di RSU Kabanjahe, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Jumat (20/8/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karo, mulai menyalurkan vaksinasi dosis ketiga bagi Tenaga Kesehatan (Nakes), Jumat (20/8/2021).

Diketahui, vaksinasi menggunakan vaksin moderna tersebut ditujukan bagi Nakes untuk booster penguatan imun tubuh saat bertugas menangani pasien. 

Berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala M.kes, pihaknya hari ini mulai menyalurkan vaksin bagi Nakes pertama kali di RSU Kabanjahe.

Baca juga: Kabar Transfer - Real Madrid Siap Depak 3 Pemain Demi Bajak Paul Pogba dari Manchester United

Dirinya mengatakan, sesuai dengan instruksi yang ada proses vaksinasi ketiga diutamakan untuk Nakes yang berhadapan lansung dengan pasien. 

"Ini vaksinasi ketiga untuk Nakes, dan ini yang pertama kita lakukan untuk moderna di Karo itu di RSU Kabanjahe. Untuk tahap pertama, kita berikan kepada Nakes yang bertugas di isolasi, karena sesuai instruksinya diutamakan bagi Nakes yang berhadapan langsung dengan pasien," ujar Irna, saat ditemui di RSU Kabanjahe, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe. 

Amatan www.tribun-medan.com, pada saat proses vaksinasi terlihat orang yang pertama kali diberikan suntikan vaksin moderna ialah Irna, kemudian dilanjutkan Direktur RSU Kabanjahe dr Arjuna Wijaya ikut mendapatkan suntikan.

Selanjutnya, para tenaga kesehatan mulai dokter dan perawat yang bertugas di bagian isolasi mendapat suntikan vaksin secara bergantian.

Irna menjelaskan, proses vaksinasi ini dilakukan secara bertahap mulai dari Nakes yang ada di rumah sakit, hingga nantinya bagi tenaga yang ada di Puskesmas. Dirinya mengatakan, menghindari nantinya ada efek yang ditimbulkan setelah vaksinasi maka proses penyuntikan dilakukan secara bertahap. 

"Karena efeknya bervariasi, jadi kita menjaga supaya tidak colabs. Jadi kita lakukan secara bertahap, supaya tetap ada yang melakukan pelayanan bagi masyarakat dan pasien," katanya. 

Baca juga: Kaget Temukan Rp 300 Juta di Tempat Sampah, Petugas Kebersihan Ini Lakukan Hal tak Terduga

Ketika ditanya berapa banyak jumlah Nakes dan tenaga pendukung lainnya yang harus diberikan suntikan vaksin moderna, Irna mengatakan jika sebelumnya pihaknya mendata jumlah Nakes dan tenaga pendukung lainnya sebanyak 1980 orang.

Namun, saat ini pihaknya baru menerima sebanyak 1400 dosis vaksin, sehingga sesuai dengan instruksi yang ada pihaknya akan mengutamakan bagi Nakes yang lansung berhadapan dengan pasien. 

"Untuk tahap pertama ini kita berikan bagi garda terdepan, tapi untuk yang bagian administrasi mungkin akan dilakukan penyuntikan tahap selanjutnya sampai ada instruksi lebih lanjut," pungkasnya.

(cr4/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved