Breaking News:

Fakultas Keperawatan USU Gelar Pelatihan dan Pendampingan Kelompok Ibu Rumah Tangga di Delitua

Dosen Fakultas Keperawatan USU melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat warga Lingkungan IV Kecamatan Delitua

Editor: Ismail
Dok. Fakultas Keperawatan USU
Sejumlah Dosen dari Fakultas Keperawatan USU melaksanakan Pelatihan dan Pendampingan Kelompok Ibu Rumah Tangga Melalui Pembentukan Keluarga Cehati (CERDAS, SEHAT DAN AKTIF) 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Dosen Fakultas Keperawatan USU melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat warga Lingkungan IV Kecamatan Delitua, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (18/08/2021).

Kegiatan yang bertemakan Pelatihan dan Pendampingan Kelompok Ibu Rumah Tangga Melalui Pembentukan Keluarga Cehati (CERDAS, SEHAT DAN AKTIF) Dalam Upaya Pemeliharaan Kesehatan Anak yang diperuntukkan khusus untuk melatih Kelompok Ibu Rumah Tangga yang mempunyai anak balita agar nantinya menjadi Keluarga CEHATI (Cerdas, Sehat dan Aktif).

Pelatihan tersebut dilaksanakan di kediaman Kepala Lingkungan IV Kecamatan Delitua, Kabupaten Deli Serdang Ibu Ulfa Daulay dengan tetap memberlakukan Protokol Kesehatan dengan jumlah peserta 45 orang yang dibagi menjadi dua tahap, dikarenakan pemberlakuan PPKM darurat di daerah tersebut.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara," ungkap ketua pelaksana kegiatan merupakan Dosen di Fakultas Keperawatan USU Lufthiani, S.Kep, Ns, M.Kes. Lufthiani juga menyampaikan bahwa tema yang diusung pada kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan Ibu RT tentang pemeliharaan kesehatan anak khususnya di masa pandemi.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya penyampaian edukasi tentang masalah kesehatan yang lazim pada anak dan gizi keluarga yang dibantu oleh beberapa anggota tim terdiri dari Dr. Siti Zahara Nasution, Cholina Trisa Siregar, S.Kep, Ns, M.Kep, SpKMB dan Nunung Febriany Sitepu, MNS, serta dilakukan juga demonstrasi tentang penanganan resiko cedera pada anak.

Selama proses pelaksanaan kegiatan terlihat para peserta sangat begitu antusias dan cepat merespon terkait edukasi dan pelatihan yang diberikan oleh Tim Dosen.

Proses evaluasi yang dilakukan terhadap kegiatan ini dengan Acara Cerdas Cermat, dibagi dalam 3 kelompok peserta. Pertanyaan dari Cerdas Cermat tersebut merupakan kumpulan dari materi edukasi dan pelatihan yang telah disampaikan sebelumnya.

Pada sesi terakhir peserta diberikan kuesioner untuk menilai sejauh mana materi yang sudah dipahami selama kegiatan dilaksanakan. Harapannya dari kegiatan ini akan terus berlanjut dan dapat diterapkan sesuai dengan tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya kelompok Ibu RT akan mampu menjaga dan memelihara kesehatan anak di masa pandemi ini, dan menjadi keluarga CEHATI (Cerdas, Sehat, dan Aktif).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved