Breaking News:

News Video

Luapan Sungai Babura pada Minggu Sore Bawa Lumpur Ke Rumah Warga

Banjir setinggi 1,5 meter merendam ratusan rumah warga di Gang Mandor, Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang.

Editor: Ade Saputra

Luapan Sungai Babura pada Minggu Sore Bawa Lumpur Kerumah Warga

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Hujan deras dan angin kencang mengguyur Kota Medan mengakibatkan Sungai Babura meluap pada Minggu 22 Agustus 2021 sore hari.

Banjir setinggi 1,5 meter merendam ratusan rumah warga di Gang Mandor, Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang.

Seorang warga yang bernama Iwan mengatakan air mulai membanjiri rumah warga sekitar pukul 19.00 WiB dan dan surut pada Senin dini hari.

"Tadi malam airnya mulai naik sekitar pukul tujuh sampai delapan malam gitu, pas puncak ketinggiannya sampai sekitar satu setengah meteran gitulah," ujar Iwan, Senin (23/8/2021).

Ia mengatakan banjir kemungkinan diakibatkan hujan deras di hulu sungai babura ditambah hujan deras yang menguyur Kota Medan.

"Biasanya banjir di sini karena hujan deras di hulu sungai babura, ditambah hujan deras sampai berapa jam semalam itu," ujar Iwan.

Lebih lanjut Iwan mengatakan, pendangkalan dasar sungai babura juga menjadi faktor tambahan terjadinya banjir karena debit air menjadi lambat.

"Kalau aku sih menilainya juga karena pendangkalan Sungai Babura, sudah berapa tahun gak pernah di korek-korek, kemarin ada isunya mau di korek tapi gak jadi karena Covid katanya" ujar Iwan.

Menurutnya solusi yang tepat untuk mengatasi kebanjiran yaitu pemerintah harus melakukan pengerokan sehingga air bisa lancar mengalir.

"Tahun ini udah kedua kali kami banjir, kemarin tak datang hujan bisa banjir berarti karena sungainya yang udah dangkal kan. Makanya perlu di korek menurutku," ujar Iwan.

(cr6/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved