Breaking News:

Atlet Binaan NPC Sumut Gunakan Seragam Defile Ini Di Opening Paralimpiade Tokyo 2020

Atlet para atletik yang berasal dari Sei Rotan, Sumatera Utara, Putri Aulia, juga tampak mengenakan kostum parade bernuansa merah dan putih.

Penulis: Muhammad Ardiyansyah | Editor: Ayu Prasandi
HO
Atlet para atletik binaan NPC Sumut, Putri Aulia. Tampak ia memakai hijab merah, jaket merah dengan lis batik di lengannya, dan celana putih pada opening Paralympic Tokyo 2020, Selasa (24/8/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com- Paralimpiade Tokyo 2020 di Olympic Stadium, Jepang, baru saja dibuka pada, Selasa (24/8/2021) malam waktu Indonesia. Tampak kontingen Indonesia mengenakan baju tradisional saat defile (parade) dalam upacara pembukaan ajang itu.

Kostum tersebut dimodifikasi dari sejumlah baju tradisional dari budaya Sumatera, Bali, Kalimantan dan Papua.

Seragam defile tersebut mewakili keindahan dan keragaman budaya Indonesia.

Atlet para atletik yang berasal dari Sei Rotan, Sumatera Utara, Putri Aulia, juga tampak mengenakan kostum parade bernuansa merah dan putih.

Srikandi atlet atletik Indonesia di nomor lari T13 100 meter dan 400 meter putri Indonesia Putri Aulia di Paralympic Tokyo Jepang 2020.
Srikandi atlet atletik Indonesia di nomor lari T13 100 meter dan 400 meter putri Indonesia Putri Aulia di Paralympic Tokyo Jepang 2020. (HO)

Tampak ia menggunakan hijab dan jaket merah. Sementara itu lengan jaket atlet binaan NPC Sumut ini dihiasi dengan motif batik.

"Indonesia ingin menunjukan karyanya kepada dunia internasional. Satu di antaranya adalah batik Indonesia," ujar ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting saat dikonfirmasi Tribun Medan, Selasa (24/8/2021) malam.

Warna merah dan putih, melambangkan keberanian dan kesucian. Hal itu menurut Alan sesuai dengan makna lambang bendera Indonesia.

Baca juga: Taliban Tak Berkutik di Lembah Panjshir, Pasukan Gerilya Afghanistan Klaim Menang Pertempuran

Putri Aulia turut berada di dalam rombongan parade, bersama Deputi Chef de Mission, Naek Parulian Washington, Wasekjen NPC Indonesia, Rima Ferdianto, Andar Perdana Widiastono (CLO), atlet para atletik Saptoyogo Purnomo, Setiyo Budi Hartanto, Karisma Evi Tiarani, Famini, Elvin Elhudia Sesa, Bolo Triyanto (para menembak), Muhamad Nurachman (pelatih para bulu tangkis), Slamet Djauhari (ofisial para renang) dan Irfan Dwi Nurfianto (ofisial para bulu tangkis).

Diketahui, kontingen Indonesia mengenakan jaket hasil perancang busana asal Solo, Rory Wardana Poesponingrat. Desainnya menggunakan perpaduan pada atribut dan aksesoris sebagai identitas bangsa

Lambang negara Garuda Pancasila terbuat dari kuningan tebal yang disematkan di dada kanan atas.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved