Breaking News:

Mulai Senin Depan Sekolah Tatap Muka Terbatas di DKI Jakarta, Durasi Belajar 3-4 Jam Sehari

Pemerintah sudah mengeluarkan instruksi tentang pelaksanaan sekolah tatap muka terbatas.

Editor: Juang Naibaho
Tribun-medan.com/Fredy Santoso
Beberapa siswa SMPN 7 Medan saat melakukan simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di Sekolah Menengah Pertama, Negeri 7, Medan yang berada di Jalan H Adam Malik, Medan, Rabu (30/6/2021). (Tribun-medan.com/Fredy Santoso) 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemerintah sudah mengeluarkan instruksi tentang pelaksanaan sekolah tatap muka terbatas.

Berdasarkan Diktum kelima huruf a Instruksi Mendagri Nomor 35 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Covid-19 Jawa-Bali, pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan pada wilayah dengan kriteria level 3, dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka secara terbatas dengan kapasitas 50%.

Hal ini direspons oleh Pemprov DKI Jakarta yang kini telah berstatus PPKM level 3.

"Kami berterima kasih Satgas Pusat, telah memberikan kesempatan 50%, kecuali untuk beberapa yang belum dimungkinkan. Nanti kami akan pelajari ya. Kita tidak boleh gegabah karena kita tau di banyak negara, terjadi sekolah dibuka. Tapi ternyata terjadi klaster baru di sekolah," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Riza mengatakan bahwa DKI akan mengkaji terlebih dahulu soal metode pembelajaran tatap muka.

Meski jumlah kasus Covid-19 telah turun, dan jumlah vaksinasi untuk pelajar dan guru sudah mencapai target yang ditetapkan namun ia menyebut pihaknya tak ingin gegabah.

"Kita akan pelajari nanti. Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan lain-lain yang terkait akan mempelajari, akan diputuskan," imbuhnya.

Baca juga: Data Dinsos Menunjukkan Jumlah Anak Terlantar Meningkat Selama Pandemi, Mayoritas Usia Sekolah Dasar

Kepala Bagian Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radja mengatakan, pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas rencananya dimulai Senin (30/82021) pekan depan.

"Baru saja kami membahas komperhensif ya, bahwa kami memang menyiapkan untuk sekolah-sekolah melaksanakan PTM terbatas, rencana mungkin minggu depan karena menunggu SK (Surat Keputusan) dari Bu Kepala Dinas," kata Taga melalui telepon, Selasa sore.

Taga menjelaskan, Dinas Pendidikan melakukan evaluasi pembelajaran tatap muka sebelum puncak pandemi berlangsung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved