Breaking News:

Ingin Lestarikan Olahraga Tradisional Di Sumut, KPOTI Temui Ketua DPRD

Dikatakan Politisi PDI Perjuangan tersebut, Sumatera Utara memiliki kekayaan dan keberagaman budaya yang mampu menjadi daya tarik internasional.

Penulis: Muhammad Ardiyansyah | Editor: Ayu Prasandi
HO
Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting (ke tiga dari kanan) foto bersama usai terima kunjungan kerja pengurus KPOTI Sumut. Adapun kunjungan kerja ini dimaksud untuk program pelestarian olahraga tradisional di Sumut, Rabu (25/8/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Demi terselenggaranya program pelestarian olahraga tradisional di Provinsi Sumatera Utara, pengurus Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Sumut lakukan kunjungan kerja ke Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting.

Kunjungan itu digelar pada, Rabu (25/8/2021) di kantor DPRD Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan.

"Saya apresiasi dengan KPOTI Sumut karena gerakannya melestarikan olahraga tradisional dan kebudayaan. Maka langkah-langkah ini sangat patut didukung agar tak lekang dimakan zaman," ujar Baskami di ruang kerjanya.

Dikatakan Politisi PDI Perjuangan tersebut, Sumatera Utara memiliki kekayaan dan keberagaman budaya yang mampu menjadi daya tarik internasional.

Maka sangat perlu upaya-upaya pelestarian budaya dari seluruh pihak.

Baca juga: Umurnya Ternyata Hampir Setengah Abad, Chef Juna Akhirnya Ungkap Rahasia Penampilan Awet Mudanya

Baskami berjanji, ia akan mengajak pihak-pihak terkait untuk turut memajukan program pelestarian olahraga tradisional dan kebudayaan di wilayah Sumatera Utara.

"Maka kita mengajak kepala daerah agar mendukung KPOTI ini. Saya juga akan berbicara ke Pak Gubernur dan kawan-kawan DPRD Sumut terkait nomenklatur alokasi hibah kepada KPOTI Sumut," ucapnya.

Sementara itu Ketua Umum KPOTI Sumut, Agustin Sastrawan Harahap menegaskan KPOTI menjadi satu di antara unsur sistem keolahragaan nasional serta sistem pemajuan kebudayaan.

Dikatakan Agustin, KPOTI Sumut telah berjalan hampir dua tahun serta melakukan sejumlah kegiatan secara bergotong-royong.

Di antaranya mulai dari Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) tingkat provinsi hingga pembentukan Pangkalan Olahraga Tradisional (Pangkotrad) sampai tingkat desa.

"Namun itu semua membutuhkan dukungan pemerintah dan legislatif. KPOTI Sumut merangkul lapisan masyarakat dan berbagai  pihak agar semua memiliki rasa kepedulian dan terpanggil untuk memajukan kembali olahraga tradisional" katanya.

Baca juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Batak Aut Boi Nian Ciptaan Viky Sianipar feat Alsant Nababan

Diketahui, momentum bulan Agustus tahun 2021 ini, KPOTI Sumut menjadikannya sebagai bulan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional (BPROT).

Aku Agustin, momentum ini dimanfaatkan KPOTI Sumut untuk terus menjemput dukungan dan penguatan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan DPRD Sumut.

Selain itu, pihaknya juga telah berkordinasi dengan Dispora, Disbudpar serta Disdik Sumut.

(cr12/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved