Breaking News:

UPDATE Covid 19 di Toba

UPDATE Covid 19 di Toba, Terjadi Penambahan 13 Kasus

Untuk yang kontak erat bertambah 21 orang, sehingga kumulatifnya 237 orang. Sementara, pasien Covid-19 yang sembuh bertambah 9 pasien

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Randy P.F Hutagaol
TRIBUN MEDAN/IST
Kunjungan bupati dan wakil bupati Toba ke Dinas Kesehatan Kabupaten Toba beberapa waktu lalu. (TRIBUN MEDAN/IST) 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA – Dari data terakhir pada Selasa (24/8/2021), Kadis Kominfo Kabupaten Toba Lalo Hartono Simanjuntak menyampaikan adanya pertambahan angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Toba.

“Angkat terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat dengan adanya pertambahan 13 kasus baru. Sehingga, kumulatif kasu Covid-19 aktif sebanyak 216 kasus,” ujar Lalo Hartono Simanjuntak pada Rabu (25/8/2021).

Selanjutnya, ia menjelaskan perihal data kontak erat, yang sembuh, dan yang meninggal dengan terkorfimasi positif Covid-19. Dari data tersebut disebutkan bahwa jumlah yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejak tahun 2020 ada sebanyak 2185 kasus. Sementara total yang meninggal adalah 100 orang.

“Untuk yang kontak erat bertambah 21 orang, sehingga kumulatifnya 237 orang. Sementara, pasien Covid-19 yang sembuh bertambah 9 pasien,” sambungnya.

Hingga saat ini vaskinasi massal masih berlangsung di Kabupaten Toba. Selain vaskinasi massal untuk tahap pertama dan kedua bagi warga Toba, vaksinasi dengan menggunakan vaskin moderna juga dilakukan bagi para tenaga kesehatan (nakes). Setidaknya, nakes yang sudah mendapatkan vaksin moderna sebagai tahap ketiga sudah mencapai 640 orang.

“Untuk vaksin moderna sudah 640 orang nakes yang mendapatkannya,” ujarnya.

“Yang lainnya akan divaksin sesuai jadwal masing-masing nakes karena efek Moderna ini sangat kuat. Masih belum berani suntik tunggu benar benar fit,” sambungnya.

Sebagai lanjutan, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Toba akan melakukan vaksinasi moderna bagi para nakes secara bertahap. Sebelum mendapatkan vaksin tersebut, para nakes harus dipastikan fit dan bugar.

“Pemberian vaksin moderna ini sejak tanggal 14 Agustus 2021. Tapi, karena banyak nakes yang vaksin moderna dan berefek ke kondisi mereka sehingga performa menurun,” sambungnya.

“Untuk vaksinasi massal bagi masyarakat dimulai sejak tanggal 16 hingga 21 Agustus di 23 fasilitas layanan kesehatan,”

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa penyerapan vaksin 50 ribu dosis yang sudah diterima Kabupaten Toba mencapai 90 persen.

“Di tanggal 21 Agustus, serapan vaksin 50000 dosis sudah mencapai 91 persen, dosis pertama sebanyak 46093 dan dosis kedua sebanyak 795,” sambungnya.

“Sehingga, total yang sudah disuntikkan dari 50 ribu dosis adalah sebanyak 46888 dosis. ada beberapa faskes tinggal menghabiskan saja yang sisa,” pungkasnya.

(cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved