Breaking News:

Balai Standardisasi Metrologi Legal Regional I Sosialisasikan Aturan Label Kemasan bagi Pelaku UMKM

Label kemasan menjadi faktor penting bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Editor: Juang Naibaho
Tribun-Medan.com/HO/BSML Regional 1
Balai Standardisasi Metrologi Legal (BSML) Regional I Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan bersama ABDSI Sumatera Utara mengadakan webinar untuk mendorong pelaku UMKM meningkatkan kualitas kemasan produk yang sesuai dengan ketentuan Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT), Kamis (26/8/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com - Label kemasan menjadi faktor penting bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sayangnya, tak sedikit pelaku UMKM abai terhadap aturan kemasan produk atau Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT).

Hasil pengujian Kementerian Perdagangan, ditemukan lebih dari 40% sampel kuantitas produk tidak sesuai dengan kuantitas yang tercantum pada label kemasan.

Fenomena ini menjadi atensi Balai Standardisasi Metrologi Legal (BSML) Regional I Direktorat Metrologi Kemendag.

BSML Regional I pun menggandeng Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) Koordinator Wilayah Sumatera Utara untuk mendorong pelaku UMKM meningkatkan kualitas kemasan produk yang sesuai dengan ketentuan BDKT.

Untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM maka BSML Regional I dan ABDSI Sumatera Utara mengadakan Webinar Metrologi bertajuk “Sosialisasi Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT) yang Sesuai Ketentuan” pada Kamis (26/8/2021) pagi.

“Barang Dalam Keadaan Terbungkus menjadi sesuatu yang harus kita atur sedemikian rupa dalam rangka menjaga perlindungan konsumen. Terkait dengan produk BDKT banyak hal yang harus diperhatikan. Bukan hanya dari sisi estetika, mutu, tetapi juga dari aspek kuantitas,” kata Direktur Metrologi Rusmin Amin, Kamis.

Berdasarkan pengujian BDKT khusunya produk UMKM, ditemukan lebih dari 40% sampel kuantitas produk tidak sesuai dengan kuantitas yang tercantum pada label kemasan.

Hal ini menjadi tantangan bagi pemerintah untuk membina serta meningkatkan kualitas produk UMKM dalam hal pengukuran/penimbangan.

“Untuk itu peran metrologi sangat dibutuhkan untuk mendukung UMKM untuk menjadi lebih baik.” ujarnya.

Rusmin Amin menjelaskan, manfaat kemasan dari produk adalah memberikan perlindungan terhadap guncangan, getaran, suhu, kelembapan dan debu, kemudian dengan kemasan yang menarik dapat mempengaruhi calon pembeli.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved