Breaking News:

3.000 Nakes di Sumut Sudah Disuntik Vaksin Booster, Nias Barat Belum Ambil Jatah

Kadis Kesehatan Sumut memastikan ketersediaan Vaksin Moderna untuk seluruh nakes di Sumut.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
VAKSINASI MODERNA - Nakes RSUP HAM mengikuti vaksinasi Covid-19 jenis Moderna pada hari ketiga di Gedung Vaviliun, RSUP HAM, Medan, Rabu (4/8/2021). (TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Sumut, Aris Yudhariansyah menyebutkan hingga kini baru sebanyak 3 ribuan tenaga kesehatan (nakes) di Sumut yang mendapat suntikan vaksin booster.

Kata Aris, adapun total nakes di Sumut berkisar 72 ribu orang. Dan, ia memastikan ketersediaan Vaksin Moderna untuk seluruh nakes di Sumut.

"Dosis ketiga untuk nakes masih tiga ribuan. Nakes kita kan jumlahnya 72 ribu orang. Kalau stok kita tersedia. Saat ini Moderna kira ready untuk 72 ribu nakes," ucap Aris, Jumat (27/8/2021).

Menurutnya, ada beberapa kendala penyuntikan vaksin booster bagi nakes, di antaranya kesiapan kabupaten/kota dalam menyiapkan tempat penyimpanan atau cold room.

Vaksin Moderna sebelum disuntikkan harus disimpan dalam cold room bersuhu minus 30 derajat celsius.

"Target kita secepatnya. Tergantung kesiapan kabupaten/kota. Artinya tempat penyimpanannya tersedia di kabupaten/kota," ujarnya.

"Kedua mendengar informasi kalau KIPI-nya (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) ini, jadi banyak yang mundur pelan-pelan," sebutnya.

Bahkan, ia mengungkapkan, hingga kini Kabupaten Nias Barat belum mengambil booster yakni Vaksin Moderna bagi nakes untuk daerah tersebut.

"Banyak faktornya. Salah satunya tempat penyimpanannya. Kedua, transportasi dari sini ke Nias. Opsi terakhir, kalau tak diambil juga, ya kami yang antar pas ada kegiatan ke sana," ungkap mantan Kadiskes Asahan itu.

Tak hanya untuk nakes, menurutnya Vaksin Moderna di Sumut juga bisa digunakan untuk masyarakat umum, khususnya bagi yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama dan dosis kedua.

"Stok Moderna kita ready untuk 72 ribu nakes ditambah untuk umum," kata Aris.

Sementara persentase penyuntikan vaksin di Sumut terus digenjot demi mencapai kekebalan kelompok (herd immunity). 

Realisasi vaksin dosis pertama di Sumut mencapai 20 persen. Lalu vaksin dosis kedua sudah sebanyak 16 persen.

"Sekarang vaksin yang ada kita dorong untuk dosis kedua di kabupaten/kota,"  pungkasnya. (ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved