Breaking News:

Dosen Fakultas Keperawatan USU Dampingi Masyarakat Mencegah Stunting Melalui Keluarga Sadar Gizi

Tim pengabdian Masyarakat Fakultas Keperawatan USU yang diketuai oleh Dr.Siti Zahara Nasution, S.Kp., MNS, turut berperan serta membantu pemerintah

Editor: Ismail
Dok. Fakultas Keperawatan USU
Tim pengabdian Masyarakat Fakultas Keperawatan USU yang diketuai oleh Dr.Siti Zahara Nasution, S.Kp., MNS membantu pemerintah Sumatera Utara untuk menurunkan angka kasus Stunting dengan cara melakukan pengabdian masyarakat melalui pendampingan keluarga dalam melaksanakan keluarga sadar gizi di Kecamatan Medan Johor Kelurahan Titi Kuning, lingkungan 13 dan lingkungan 15 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Tim pengabdian Masyarakat Fakultas Keperawatan USU yang diketuai oleh Dr.Siti Zahara Nasution, S.Kp., MNS, turut berperan serta membantu pemerintah Sumatera Utara untuk menurunkan angka kasus Stunting dengan cara melakukan pengabdian masyarakat yang berfokus pada pemberdayaan kader kesehatan melalui pendampingan keluarga dalam melaksanakan keluarga sadar gizi di Kecamatan Medan  Johor dalam upaya memberantas stunting di Sumatera Utara.

Kegiatan tersebut telah dilaksanakan di Kelurahan Titi Kuning, lingkungan 13 dan lingkungan 15. Kegiatan ini sangat disambut baik oleh kepala lingkungan 13 bapak Usman Lubis dan Kepala lingkungan 15 Ali Syahbana Nasution.

Tim pengabdian masyarakat Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara yang terdiri dari Dr.Siti Zahara Nasution, S.Kp., MNS.,  Lufthiani, S.Kep., Ns. M.Kes,  Nunung Febriany Sitepu S.Kep., Ns., MNS, dan  Cholina Trisa Siregar. S.Kep., Ns., M.Kep. Sp. KMB, juga mengikut sertakan mahasiswa sebagai tim pengabdian masyarakat yaitu : Muhammad Husai Azhar Haykal, Uday Ihza Mahendra Rangkuti, Abdullah Sani, Riska Harefa, Muhammad Doni, Oca Widiya Siregar dan Yusuf Hanafiah.

Kader Kesehatan yang telah dilatih untuk mendampingi keluarga sebanyak 10 orang kader Kesehatan yang terdiri dari 5 orang kader Kesehatan dari lingkungan 13 yang diketuai oleh Ibu Syamsiah Lubis dan 5 orang kader Kesehatan dari lingkungan 15 yang diketuai oleh ibu Sri Mersing.

Rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan : 02 – 23 Agustus 2021

1.  Mensosialisasikan rencana kegiatan pengabdian masyarakat kepada kepala lingkungan dan pada kordinator kader Kesehatan.

2.  Melaksanakan pelatihan dan penyegaran kader tentang Keluarga sadar Gizi dengan terlebih dahulu melakukan pre test, pemberian Pendidikan Kesehatan dan diakhiri dengan melakukan post test.

3.  Melaksanakan Pendidikan Kesehatan kepada 30 orang ibu hamil dan ibu yang memiliki balita tentang keluarga Sadar Gizi dengan urutan kegiatan : pre test-pemberiak edukasi-post test.

4.  Mengadakan acara cerdas cermat dengan peserta adalah ibu – ibu yang telah mendapatkan Pendidikan Kesehatan tentang Keluarga sadar Gizi.

5.  Pemberian Buku keluarga Sadar Gizi, satu kotak masker dan bahan makanan tambahan pada ibu-ibu yang telah mengikuti kegiatan edukasi dan sebagai hadiah cerdas cermat berupa : Gula, garam beryodium, susu, bubuk teh, kacang hijau, biskuit.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved