Breaking News:

Sekda Tanjungbalai Diborgol dan Kenakan Rompi Oranye, Resmi Jadi Tersangka KPK

Dalam pertemuan tersebut, YM menyampaikan kepada Sajali untuk menyerahkan uang sebesar Rp 200 juta kepada Muhammad Syahrial. 

Penulis: Alif Al Qadri Harahap | Editor: Ayu Prasandi
HO
Yusmada, Sekretaris Daerah mengenakan rompi oranye khas KPK serta di borgol untuk dilakukan konprensi pers di gedung merah putih KPK, Jumat(27/8/2021).  

TRIBUN-MEDAN.com, TANJUNGBALAI - Sekretaris daerah kota Tanjungbalai, Yusmada resmi menggunakan borgol dan rompi oranye KPK.

Pasalnya Yusmada kini resmi di tahan KPK dalam Kasus korupsi lelang jabatan di Pemko Tanjungbalai

Yusmada di sangkakan denhan pasal YM selaku pemberi disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 199 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. 

Baca juga: Sumut Tertinggi Ke-4 Kasus Positif Covid-19 Hari Ini, Berikut Data Sebaran di Indonesia

Ali Fikri, juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK), Yusmada selaku Sekretaris Daerah Kota Tanjungbalai yang saat itu menjabat sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman masuk sebagai salah atu pelamar seleksi. 

"Selanjutnya setelah YM mengikuti beberapa tahapan seleksi, pada Juli 2019 bertempat di kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Tanjungbalai, YM bertemu dengan Sajali Lubis yang adalah teman sekaligus orang kepercayaan dari MSA (Wali Kota Tanjungbalai)," ujar Ali Fikri. 

Dalam pertemuan tersebut, YM menyampaikan kepada Sajali untuk menyerahkan uang sebesar Rp 200 juta kepada Muhammad Syahrial. 

"Saat itu, Sajali langsung menindak lanjuti dan menelepon MSA yang langsung di setujui dan disepakati oleh MSA," jelas Ali Fikri. 

Baca juga: Sempat Viral, Pelaku Jagal Kucing Tayo Kini Dituntut 3 Tahun Penjara

Akibat persetujuan tersebut, Yusmada dinyatakan lulus dan terpilih sebagai Sekretaris Daerah Kota Tanjungbalai berdasarkan surat keputusan Walikota Tanjungbalai Muhammad Syahrial. 

"Setelah terpilih sebagai Sekda Kota Tanjungbalai, Sajali Lubis mendatangi YM atas perintah Walikota Tanjungbalai sebesar Rp 200 juta yang diserahkan langsung ke MSA," jelasnya. 

(cr2/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved