Breaking News:

Edy Rahmayadi Keluarkan Ingub Sumut Tentang PTM Terbatas, Ada 3 Kabupaten/Kota Laksanakan PJJ

Di Sumut ada dua daerah yang masuk kriteria Level 4 yakni Kota Medan dan Pematangsiantar. Sedangkan Kabupaten Toba masuk kategori zona merah pandemi C

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi saat memberikan keterangan soal PPKM Level 4, Selasa (24/8/2021).(TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Sumut Nomor 188.54/39/INST/2021 tertanggal 30 Agustus 2021, tentang Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-+19 di Sumut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut, Irman Oemar menyatakan, bahwa Ingub Sumut tersebut dikeluarkan menyesuaikan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) dan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri.

Baca juga: Okupansi Plaza Medan Fair Masih di Bawah 50 Persen, Pemilik Tenant Senang Omzet Merangkak Naik

"Sesuai dengan Inmendagri dan SKB 4 Menteri, PTM terbatas ini tidak berlaku untuk daerah yang level 4 dan zona merah," jelas Irman, Senin (30/8/2021).

Menurut Irman, di Sumut ada dua daerah yang masuk kriteria Level 4 yakni Kota Medan dan Pematangsiantar. Sedangkan Kabupaten Toba masuk kategori zona merah pandemi Covid-19. 

"Ada 3 kabupaten/kota di Sumut. Semua pembelajaran melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Yang bisa diberikan peluang PTM terbatas, daerah yang tidak berada di zona merah dan tidak berada di level 4," ungkap Koordinator Bidang Informasi dan Data Satgas Penanganan Covid-19 Sumut itu.

Ditegaskan Irman, PJJ juga berlaku bagi kecamatan yang masuk kategori zona merah, namun berada di daerah level 3 dan level 2.

Untuk proses PTM terbatas di sekolah bagi kabupaten/kota yang berada di level 3 dan level 2, baru bisa dilakukan setelah adanya verifikasi dari Satgas Covid-19 di daerah masing-masing.

Di samping itu, PTM terbatas diprioritaskan bagi sekolah yang sudah melakukan simulasi. Sekolah yang sudah dilengkapi sarana dan prasarana, seperti ketersediaan tempat cuci tangan, thermo gun dan pengaturan jarak.

"Verifikasi oleh Satgas Covid kabupaten/kota menjadi landasan untuk diterbitkan izin. PTM terbatas sesuai kewenangannya, kalau SMA dan SMK prosesnya di provinsi. Kalau SMP dan SD prosesnya di kabupaten/kota," kata Irman.

Baca juga: Serang Balik Maia Estianty, Ahmad Dhani Singgung Akal Sehat:Apa Mungkin Wanita Baik Ditalak Suami?

Berikut kabupaten/kota level 3 di Sumut yang dapat menerapkan PTM terbatas yakni Sibolga, Tebingtinggi, Asahan, Batubara, Dairi, Deliserdang, Humbang Hasundutan dan Karo.

Lalu Binjai, Gunungsitoli, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Langkat, Nias, Nias Barat, Pakpak Bharat, Samosir, Serdangbedagai, Tapanuli Utara dan Tapanuli Tengah.

Sedangkan yang berada di level 2 yakni, Padangsidimpuan, Mandialingnatal, Nias Selatan, Nias Utara, Padanglawas, Padanglawas Utara dan Tapanuli Selatan.

(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved