Breaking News:

Fakultas Keperawatan USU Adakan Rehabilitasi Psikososial untuk Wujudkan ODGJ yang Bermartabat 

Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) juga masih di anggap sebagai penyakit memalukan, menjadi aib baik bagi penderita maupun pihak keluarga.

Editor: Ismail
Dok. Fakultas Keperawatan USU
Pelaksanaan kegiatan rehabilitasi psikososial untuk mewujudkan ODGJ yang bermartabat dilakukan oleh Tim Departemen Keperawatan Jiwa dan Komunitas Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara melalui kerjasama dengan Puskesmas Sunggal dan kelurahan Tanjung Rejo Medan. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) juga masih di anggap sebagai penyakit memalukan, menjadi aib baik bagi penderita maupun pihak keluarga.

Pandangan masyarakat secara umum terhadap penderita gangguan jiwa masih negatif dan dipandang sebelah mata.

Masyarakat menganggap penderita gangguan jiwa adalah sampah sosial, dihina dan dicaci maki, serta tidak jarang mereka mendapatkan perlakuan yang tidak layak.

Pandemi Covid-19 berdampak kepada kegiatan di kelompok kesehatan jiwa masyarakat ini.

Seiring dengan peningkatan kasus Covid-19 dan penetapan Kecamatan Medan Sunggal sebagai salah satu kecamatan yang merupakan zona merah di Kota Medan membuat segala kegiatan dihentikan untuk mencegah penularan virus corona.

Situasi saat ini banyak penderita yang tidak teratur minum obat, tidak kontrol ke puskesmas atau rumah sakit, mengalami kekambuhan dan tidak mematuhi protokol kesehatan bila keluar rumah serta tidak produktif.

Semua kegiatan berhenti selama pandemi ini. Kondisi ini tidak dapat dibiarkan karena akan memberikan peluang bagi ODGJ untuk tidak bersosialisasi sehingga kemungkinan besar mengalami kekambuhan.

Oleh karena itu, dibutuhkan rehabilitasi psikososial untuk memperbaiki fungsi kognitif dan fungsi sosial sehingga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dapat dilatih cara mengontrol gejala psikotik, kepatuhan minum obat, cara membuat sabun cair yang bisa di jual ke masyarakat sehingga ODGJ mempunyai penghasilan dan mengurangi ketergantungan kepada keluarga.

Pelaksanaan kegiatan rehabilitasi psikososial untuk mewujudkan ODGJ yang bermartabat dilakukan oleh Tim Departemen Keperawatan Jiwa dan Komunitas Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara yang terdiri dari Jenny Marlindawani Purba, S.Kp, MNS, Ph.D; Sri Eka Wahyuni, S.Kep, Ns., Mahnum Lailan Nasution, S.Kep, Ns., M.Kep dan Evi karota, S.Kp, MNS. Program Pengabdian ini terlaksana melalui kerjasama dengan Puskesmas Sunggal dan kelurahan Tanjung Rejo Medan.

Target khusus yang ingin dicapai adalah perubahan perilaku dari keluarga dan pasien sehingga pasien dapat kembali bersosialisasi, pasien dapat mengontrol gejala psikotik, teratur minum obat dan kontrol ke puskesmas/rumah sakit dan produktif dengan mematuhi protokol kesehatan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved