Breaking News:

Ribuan Pedagang Pasar Horas Siantar Dapat Bantuan Uang Rp 300 Ribu

Ribuan pedagang di Pasar Horas Siantar mendapat bantuan langsung tunai karena dianggap terdampak pandemi.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Pedagang Pasar Horas mengikuti proses administratif penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), Sabtu (4/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Ribuan pedagang di Pasar Horas Siantar mendapat bantuan langsung tunai karena dianggap terdampak pandemi. Para pedagang kini mendapat bantuan uang sebesar Rp 300 ribu. 

Direktur Keuangan PD Pasar Horas Jaya Toga Sihite menjelaskan ada 1.434 pedagang yang menerima BLT  dari Pemko Pematangsiantar. Penyaluran bantuan dilaksanakan 3 - 4 September 2021 di Gedung III Pasar Horas.

Toga menjelaskan, ada skala prioritas pedagang yang menerima manfaat yaitu pedagang kaki lima dan kios kios kecil. Sementara untuk grosir besar maupun pedagang toko emas belum mendapat bantuan. 

"Per orang Rp 300 ribu cash dari Bank Sumut. Pemberian BLT juga disaksikan Disperindag dan Dinas Pendapatan. Nantinya kita coba konfirmasi ke Pemko apakah ada bantuan tahapan kedua," katanya, Sabtu (4/9/2021).

Menurutnya, pada masa pandemi banyak pedagang di Pasar Horas yang kesulitan membayar uang retribusi harian. 

Baca juga: Aksi Unjuk Rasa PPKM Level 4, Pedagang Pasar Horas Ngaku Sayur Dagangan Busuk 

"Contohnya kemarin. Retribusi di Gedung I dan Gedung II yang kami kutip cuma dapat Rp 90 ribu. Sebelum PPKM di dua gedung ini aja bisa dapat Rp 3 juta-Rp 4 juta.

Rita Siagian, salah satu pedagang yang menerima bantuan, mengatakan uang bantuan itu sedikit membantunya memenuhi kebutuhan harian keluarganya. 

"Saya pedagang kaki lima. Jualannya bumbu arsik, bumbu-bumbu untuk makanan khas batak lah. Biasanya jualan saya laris sampai 100 persen. Tapi sejak PPKM Level IV berlaku, jualan cuma laku sekitar 10 persennya," ujarnya. 

Rita bersyukur atas bantuan yang ia dapat dari hari ini meski tidak tahu dari mana asalnya.

"Enggak tahu ini dari mana, yang penting terima kasih. Uangnya bakal saya pakai untuk beli beras di rumah," kata Rita. (alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved