Breaking News:

KPU Sumut Minta Dukungan Gubernur Sumut soal Pemutakhiran Data Pemilih dan Desa Peduli Pemilu

KPU Sumatera Utara meminta dukungan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk pemutakhiran data pemilih dan Desa Peduli Pemilu.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/HO
Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin usai beraudiensi dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Rumah Dinas, Jalan Sudirman Medan, Senin (6/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - KPU Sumatera Utara meminta dukungan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk pemutakhiran data pemilih dan Desa Peduli Pemilu.

Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin menyebutkan, pertemuan dengan orang mantan Pangdam I Bukit Barisan itu bertujuan agar terjalin kerjasama antara KPU dan Pemprov Sumut.

Pasalnya, berdasarkan hasil evaluasi KPU Sumut dan KPU di kabupaten/kota, pemutakhiran data pemilih berkelanjutan belum mendapat respon dari instansi pemerintahan.

"Pada hari ini (Senin) kita memang sengaja beraudiensi untuk dapat support dari Pemprov Sumut terkait dengan dua hal. Satu, KPU Sumut bersama 33 kabupaten/kota terus melakukan pemutakhiran data," kata Herdensi, di Rumah Dinas, Jalan Sudirman Medan, Senin (6/9/2021).

Bila sudah terjalin kerjasama antara KPU Sumut dengan Pemprov Sumut, maka harapannya pihaknya akan dimudahkan dalam melakukan pendataan pemilih.

Sebab, pendataan pemilih yang dilakukan KPU tidak lagi bersifat periodik. Namun, telah dilakukan secara berkelanjutan.

Selanjutnya KPU di kabupaten/kota bisa bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

"Karena data ini tidak kita mutakhirkan  secara periodik saja. Tapi dia berkelanjutan sesuai dengan peristiwa kependudukan yang dialami pemilih. Jadi kalau ada yang meninggal harus kita coret. Tak perlu menunggu tahapan 2024. Tapi pencoretarn itu bisa lakukan sekarang," jelas Herdensi.

"Ada yang berumur 17 tahun harus kita tambahkan. Tidak harus menunggu tahun 2024. Tapi sekarang," tambahnya.

Di samping itu, pertemuan dengan orang nomor satu di Pemprov Sumut itu, juga mendapat dukungan terkait Desa Peduli Pemilu.

"Kedua, kita minta support terkait Desa Peduli Pemilu. Karena keterbatasan anggaran, kita cuma dibiayai APBN itu, hanya dua desa di Deliserdang. Kita maunya diperbanyak desanya. Makanya kita minta support Pemprov Sumut," jelasnya. (ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved