Breaking News:

Wagub Ijeck Lapor ke Pemerintah Pusat Tren Kasus Covid-19 Terus Membaik

Tren membaik itu dilihat dari menurunnya jumlah kasus konfirmasi positif, berkurangnya kasus aktif, dan meningkatnya jumlah kesembuhan.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/HO
Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi (Rakor) Monitoring dan Evaluasi PPKM dari Rumah Dinas Wagub di Jalan Tengku Daud Medan, Minggu (5/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah menyebutkan bahwa perkembangan kasus Covid-19 di Sumut dalam dua pekan terakhir menunjukkan tren membaik.

Pernyataan ini disampaikan Ijeck saat mengikuti secara virtual, rapat koordinasi (rakor) monitoring dan evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa Bali yang dipimpin Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto pada Minggu (5/9/2021).

Menurut Ijeck, tren membaik itu antara lain dilihat dari menurunnya jumlah kasus konfirmasi positif, berkurangnya kasus aktif, dan meningkatnya jumlah kesembuhan.

"Kami melaporkan, situasi Covid-19 di Sumatera Utara mengalami penurunan selama dua minggu terakhir," ungkap Ijeck, Senin (6/9/2021).

Dijelaskan Ijeck, pertambahan jumlah kasus positif dalam dua pekan terakhir lebih kecil 6.867 kasus (-39 persen) dibanding pertambahan jumlah kasus positif dua pekan sebelumnya.

Diketahui jumlah pertambahan kasus positif pada dua pekan sebelumnya ada sebanyak 17.623 kasus, kini menjadi 10.756 kasus per dua pekan.

Di samping itu, dalam dua pekan terakhir, spesimen yang diperiksa (PCR dan antigen) bertambah menjadi 143.876 spesimen atau meningkat 13,9 persen dari dua pekan sebelumnya.

Positivity Rate Sumut tercatat 8,39 persen, menurun 0,13 persen dari dua pekan sebelumnya.

Tingkat keterisian tempat tidur (BOR) Covid-19 turun 24 persen (dari 54 persen menjadi 30 persen), BOR Isolasi turun 25 persen (dari 54 persen menjadi 29 persen), BOR Intensif turun 19 persen (dari 57 persen menjadi 38 persen). 

"Dalam penanganan Covid-19 di Sumut berfokus dalam beberapa hal di antaranya, pengendalian mobilitas penduduk, meningkatkan 3T (testing, treament, tracing), memaksimalkan isolasi terpadu, dan mengoptimalkan vaksinasi," jelas Ijeck

Sementara, Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto menjelaskan, secara umum situasi pandemi di luar Jawa-Bali menunjukan perbaikan. 

"Level assesmen situasi pandemi di Luar Jawa-Bali, dari minggu ke minggu menunjukan hal positif, terjadi penurunan Level PPKM di berbagai provinsi di luar Jawa Bali," ujar Airlangga, Minggu (5/9/2021). (ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved