Breaking News:

Wali Kota Medan Sentil Manajemen RSUD Pirngadi Medan: Pelayanan Kesehatan Harus Baik

Wali Kota Medan, Bobby Nasution resmikan ruangan ICU Khusus Covid-19 di RSUD Pirngadi Medan

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Wali Kota Medan Bobby Nasution meresmikan ruang ICU khusus Covid-19 di RSUD Pirngadi Medan bantuan dari Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Wali Kota Medan, Bobby Nasution resmikan ruangan ICU Khusus Covid-19 di RSUD Pirngadi Medan. Ruang tersebut merupakan bantuan dari Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan sebagai tempat perawatan pasien Covid-19

Adapun pasien Covid-19 yang dirawat di ruangan tersebut dalam kondisi gejala berat. Dan, diprediksi akan memberikan pelayanan kesehatan yang baik di ruangan tersebut. 

"Pemko Medan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan yang telah membantu pemerintah daerah dalam menyediakan tempat treatment di RSUD dr Pirngadi Medan. Gedung atau ruangan  ICU Covid-19 ini sudah dapat digunakan dengan fasilitas 16 tempat tidur untuk dewasa dan 4 tempat tidur untuk anak- anak. Selain itu terdapat juga fasilitas kesehatan cuci darah," ujarnya saat memberikan keterangan belum lama ini. 

Lebih lanjut, ia menyampaikan bantuan yang diberikan kepada Pemko Medan dalam menyediakan tempat treatment. Fasilitas kesehatan dari Kementerian Kesehatan dan bangunan fisik gedung dari Kementerian PUPR

Bobby Nasution berharap setelah beroperasinya ruangan khusus pasien Covid-19 ini, bukan tempatnya yang penuh namun pelayanan kesehatan yang baik dan maksimal harus dilakukan oleh Jajaran RSUD dr Pirngadi Medan. Artinya dengan pelayanan yang baik maka akan mempercepat penyembuhan pasien Covid-19.

"Mulai hari ini sudah beroperasi, tadi saya tinjau alat kesehatannya lengkap dan ruangan maupun gedung sudah sesuai dengan standar ICU rumah sakit. Artinya tempat ini sudah layak digunakan. Bukan harus penuh, namun pelayanan kesehatannya yang harus baik" Ujar Wali Kota.

Bobby Nasution menambahkan, syarat pasien yang dapat dirawat di ruangan ini adalah pasien yang terpapar virus Covid-19 dengan kondisi berat dan punya pengorbit. Sehingga penanganannya di dalam ruangan ini akan lebih intensif.

Apalagi, saat ini ketersediaan BOR sudah dibawah 60 persen tepatnya antara 56 persen. Dengan adanya ruangan khusus pasien Covid-19 di RSUD dr Pirngadi Medan ini berarti jumlah tempat tidur akan bertambah.

"Saya sudah minta Pak Mardohar untuk memasukkan tempat tidur yang ada di ruangan ICU RSUD dr Pirngadi Medan ini sebagai data penambahan jumlah tempat tidur. Dengan begitu secata otomatis jumlah BOR di Medan juga akan menurun, karena bertambahnya jumlah ketersediaan BOR," ungkapnya. 

Sedangkan, Dirut RSUD dr Pirngadi Medan, dr Suryadi Panjaitan menjelaskan, gedung dan ruangan ICU Covid-19 sudah bisa dioperasikan. Fasilitas yang ada dalam ruangan tersebut adalah 20 bed dimana 16 untuk dewasa dan 4 bed untuk anak-anak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved