Breaking News:

Update Covid 19 di Sumut

MADINA Ditetapkan Masuk Kriteria PPKM Level IV, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Akui Ada Kesalahan

Begitu juga dengan data pasien meninggal akibat terpapar Virus Corona yang disebut berjumlah 71 orang. Ternyata ada kesalahan.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Randy P.F Hutagaol
HO / Tribun Medan
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi yang diwawancarai, Senin (6/9/2021) terkait tiga tahun masa kepemimpinannya sebagai orang nomor satu di Pemprov Sumut. 

Kabupaten Madina Ditetapkan Masuk Kriteria PPKM Level 4, Gubernur Edy: Salah Input Data Ya

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Pusat menetapkan tiga kabupaten/kota di Sumut, yakni Kota Medan, Kota Sibolga dan Kabupaten Mandailingnatal (Madina) sebagai daerah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, mulai tanggal 7-20 September 2021.

Khusus Kabupaten Madina, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyatakan, Satgas Covid-19 di daerah tersebut, ada kesalahan dalam menginput data pasien positif Covid-19 maupun data yang meninggal akibat terpapar Virus Corona.

Sehingga akhirnya berimbas dengan ditetapkan daerah tersebut masuk sebagai wilayah kriteria PPKM Level 4.

"Madina salah input data ya, setelah saya cek. Tadi ini berangkat Satgas ke sana," kata Edy di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (8/9/2021).

Menurut Edy, berdasarkan penulusurannya, bahwa jumlah pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit di Kabupaten Madina, hanya berjumlah 4 orang.

Begitu juga dengan data pasien meninggal akibat terpapar Virus Corona yang disebut berjumlah 71 orang. Ternyata ada kesalahan.

"Karena saya cek di rumah sakit hanya 4 orang yang sakit. Terus datanya 71 orang meninggal. Setelah saya cek nama-namanya, banyak yang tak meninggal di situ," ungkap mantan Ketua Umum PSSI itu.

Maka, Edy selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Sumut telah memberangkatkan timnya ke Kabupaten Madina, untuk melakukan evaluasi data Covid-19 di wilayah tersebut.

"Makanya perlu dievaluasi datanya. Ini sedang dievaluasi," ucapnya.

Sebelumnya pada Senin (6/9/2021) malam, Menko Perekonomia Airlangga Hartarto menyebutkan bahwa PPKM diperpanjang hingga 20 September 2021. Salah satu daerah di Sumut yang masuk kriteria PPKM Level 4 adalah Kabupatn Madina.

Begitu juga dengan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 40 Tahun 2021 tertanggal 6 September 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease2021 di Wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Papua.

Untuk Sumut, Inmendagri tersebut ditujukan kepada Gubernur Sumut dan 3 bupati/wali kota, yakni Wali Kota Medan, Wali Kota Sibolga dan Bupati Mandailingnatal.

Atas Inmendagri itu kemudian Gubernur Edy mengeluarkan Ingub Sumut Nomor 188.54/40/INST/2021, tertanggal 6 September 2021. Kabupaten Madina masuk kriteria PPKM Level 4 bersama Medan dan Sibolga.

(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved