Breaking News:

Tren Kasus Covid-19 Kabupaten Karo Menurun, Kadis Kesehatan Ucap Syukur

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala bersyukur tren jumlah kasus Covid-19 di kabupaten itu cenderung menurun.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD NASRUL
Kepala Dinas Kesehatan Karo Drg Irna Safrina Meliala M.kes. 

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala bersyukur tren jumlah kasus Covid-19 di kabupaten itu cenderung menurun.

"Puji Tuhan, sekarang kasusnya semakin berkurang dan yang sembuh semakin bertambah," ujar Irna, Rabu (8/9/2021).

Diketahui, hingga terhitung pada Selasa (7/9/2021) kemarin, jumlah total kasus di Kabupaten Karo mencapai 2041 kasus. Dari jumlah ini, sebanyak 332 orang masih aktif atau sedang menjalani perawatan, kasus yang dinyatakan meninggal sebanyak 195 orang, dan untuk kasus yang sudah sembuh tercatat sebanyak 1514 kasus.

Sedangkan untuk catatan harian yang ada, dari sepekan terakhir jumlah kasus terkonfirmasi tampak masih fluktuatif namun kondisinya cenderung menurun. Rata-rata kasus harian yang terkonfirmasi ada belasan kasus. Bahkan, beberapa hari sempat kasus yang ada hanya bertambah lima kasus hingga sempat ada tidak terjadi penambahan.

Sementara untuk kasus yang dinyatakan meninggal akibat virus berbahaya ini, hanya sempat orang. Di mana, dari sepekan ini tercatat jumlah kasus meninggal kebanyakan nihil.

Selain tren penambahan kasus dan meninggal yang merosot, kabar baik ini juga ditambah dari angka kasus yang sembuh semakin bertambah banyak. Dalam sepekan ini, sebanyak 62 kasus sudah dinyatakan sembuh. Dengan angka rata-rata setiap harinya jumlah kasus yang sembuh berada di angka lebih dari lima kasus.

Ketika ditanya perihal indikasi penyebab kasus penyebaran virus corona semakin melandai, pihaknya melihat ada beberapa faktor. Mulai dari kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, vaksinasi yang semakin banyak, hingga kesadaran masyarakat untuk melapor saat kondisinya sedang sakit.

"Ya ada berbagai faktor, salah satunya kesadaran masyarakat kita lihat sudah cukup tinggi. Apalagi saat merasa ada gejala penyakit, masyarakat lansung melakukan pengecekan mandiri seperti melakukan tes antigen," ungkapnya.

Namun, meskipun saat ini kasus penyebaran virus corona terlihat cukup menunjukkan tanda-tanda penurunan, Irna tetap mengimbau kepada masyarakat agar tidak lengah. Masyarakat juga diminta agar tidak menjadikan ajang untuk euforia dan malah mengendurkan protokol kesehatan. (cr4/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved