Breaking News:

Jangan Malu Dibilang Cengeng, Ternyata Menangis Baik Bagi Kesehatan, Ini Sejumlah Manfaatnya

Padahal, menangis itu wajar. Bahkan, menangis memiliki berbagai manfaat, seperti membuat diri lebih tenang atau pun meningkatkan mood

Editor: Azis Husein Hasibuan
Oho Feed
Ilustrasi menangis - Jangan Malu Dibilang Cengeng, Ternyata Menangis Baik Bagi Kesehatan, Ini Sejumlah Manfaatnya 

TRIBUN-MEDAN.com - Jangan pernah malu dibilang cengeng. Ternyata menangis baik bagi kesehatan. Maka jika merasa sedih, luapkan saja. Menangislah.

Tidak sedikit orang yang menahan diri untuk tak menangis saat merasa sangat sedih, marah, atau terlalu bahagia.

Umumnya, ada ketakutan bakal dianggap lemah atau kekanak-kanakan, jika menangis.

Padahal, menangis itu wajar. Bahkan, menangis memiliki berbagai manfaat, seperti membuat diri lebih tenang atau pun meningkatkan mood. Selain meningkatkan mood, masih ada setidaknya delapan manfaat lain dari menangis untuk kesehatan.

1. Detoksifikasi
Saat kita menangis, air mata akan keluar. Air mata ini sebenarnya dibagi menjadi tiga jenis, yaitu air mata refleks, air mata terus menerus, dan air mata emosional, yang ketiganya memiliki fungsi berbeda.

Air mata refleks akan membersihkan kotoran seperti asap dan debu dari mata, sementara air mata terus menerus akan memasahi mata, dan melindunginya dari infeksi. Nah, air mata emosional berisi hormon stres dan racun lainnya, membuat para peneliti menganggap menangis mengeluarkan hal-hal buruk ini dari sistem tubuh, meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

2. Membuat diri lebih tenang
Para peneliti menemukan, menangis dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PNS) yang membantu tubuh untuk beristirahat dan mencerna. Kendati demikian, manfaatnya tidak langsung dan perlu beberapa menit untuk mengeluarkan air mata sebelum merasakan efek menenangkan tersebut.

Mengurangi rasa sakit Menangis untuk waktu yang lama akan melepaskan oksitosin dan opioid endogen (endorphin). Kedua homon yang membuat kita merasa baik ini dapat membantu meringankan rasa sakit fisik dan emosional.

Setelah endorfin dilepaskan, tubuh mungkin mengalami tahap mati rasa, sementara oksitosin memberi rasa tenang atau sejahtera. Meningkatkan mood Selain mengurangin rasa sakit, menangis, terutama menangis terisak-isak, akan meningkatkan mood kita.

Saat terisak, kita akan menghirup banyak udara sejuk dengan cepat. Menghirup udara yang lebih dingin ini dapat membantu mengatur dan menurunkan suhu otak.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved