Breaking News:

Keindahan Pulau Jemur Pulau Terluar Indonesia Menjadi Tempat Melestarikan Tukik

Pulau Jemur adalah pulau milik Republik Indonesia yang terletak di Selat Malaka, dekat dengan perbatasan Malaysia.

Penulis: Alif Al Qadri Harahap | Editor: Royandi Hutasoit
HO / Tribun Medan
Pelepasan tukik di Pulau Jemur oleh TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Asahan 

TRIBUN-MEDAN.COM, TANJUNGBALAI - Pulau Jemur adalah pulau milik Republik Indonesia yang terletak di Selat Malaka, dekat dengan perbatasan Malaysia.

Pulau ini terletak sekitar 72,4 km dari Bagansiapiapi dan 64,3 km dari Pelabuhan Klang di Malaysia.

Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau antara lain, Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta  pulau-pulau kecil Lainnya.

Pulau ini memiliki panorama pemandangan yang indah, baik untuk penikmat matahari terbenam, pasalnya pulau ini di kelilingi oleh lautan lepas yang memiliki warga biru jernih seperti kaca. 

Selain keindahan alamnya, pulau jemur juga dihuni biota laut yang di lindungi, penyu hijau, dalam musim bertelur tiba, Penyu-penyu hijau akan mendatangi pulau jemur untuk bertelur. 

Di pulau ini memiliki penangkaran dan pengembang biakan penyu hijau. Sesekali tukik-tukik di lepas untuk kelangsungan penyu hijau yang saat ini di lindungi. 

Pemandangan Pulau Jemur dari atas.
Pemandangan Pulau Jemur dari atas. (HO / Tribun Medan)

Uniknya lagi, pulau ini memiliki dua wilayah tugas TNI Angkatan Laut yang dimana sama-sama di jaga oleh Lanal Tanjungbalai Asahan, dan juga Lanal Riau. 

Hal itu dikarenakan pulau jemur memiliki banyak potensi dan juga menjadi pulau terluar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Untuk kamu yang ingin ke pulau ini kamu akan memakan waktu hampir 5 jam perjalanan menggunakan kapal cepat dari Asahan ataupun Tanjungbalai. 

Dilansir dari Riau.go.id, di pulau jemur juga di jumpai wisata lain, diantaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman  Laut, dan pantai berpasir kuning emas.

(cr2/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved