Breaking News:

Kedatangan Menko Perekonomian

Menko Airlangga Ingatkan Pelaku UMKM di Medan Hindari Rentenir

Airlangga menyebutkan bahwa pemerintah menyediakan dana KUR klaster sebesar Rp 285 triliun.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/FREDY SANTOSO
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat menyambangi Polrestabes Medan, Kamis (9/9/2021).(TRIBUN MEDAN/FREDY SANTOSO) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Klaster kepada kelompok pemilik usaha di Hotel JM Marriot Medan, Kamis (9/9/2021).

Dalam kesempatan itu, Airlangga menyebutkan bahwa pemerintah menyediakan dana KUR klaster sebesar Rp 285 triliun kepada pemilik usaha dan masyarakat yang  memiliki usaha.

Dijelaskan Airlangga, program KUR Klaster ini memiliki keunggulan yakni penundaan bayar selama enam bulan, ditambah lagi bunganya pun hanya 3 persen.

"Jadi dijamin tak ada satu rentenir pun yang berani melawan ini," ucap Airlangga.

Diungkapkannya, banyak masyarakat yang enggan melakukan peminjaman lantaran tak memiliki jaminan anggunan. Namun di program KUR klaster ini pemerintah menyediakan dana pinjaman tanpa harus ada jaminan dari para peminjam.

"Dengan program KUR ini saya jamin tak ada satu rentenir yang bisa bersaing dengan Bank BUMN dan BUMD di Sumut," sebut Airlangga.

Sehingga dengan program ini memberikan kesempatan masyarakat untuk meningkatkan usaha yang memiliki potensi ke depannya.

Kredit ini juga dijamin oleh Askrindo dan Jamkrindo.

"Harapannya bisa menetaskan pelaku usaha baru. Semoga program ini bisa buat kita tangguh dan bisa mempertahankan perekonomian kita," sebutnya. (ind/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved