Breaking News:

MENKO Perekonomian Dorong Masyarakat Sumut Manfaatkan KUR, Siapkan Dana Rp 285 Triliun

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto mendorong agar masyarakat Sumatera Utara memanfaatkan program kredit usaha rakyat (KUR)

Editor: Randy P.F Hutagaol
TRIBUN MEDAN/FREDY SANTOSO
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Kamis (9/9/2021). 

Menko Perekonomian Dorong Masyarakat Sumut Manfaatkan KUR, Siapkan Dana Rp 285 Triliun

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto mendorong agar masyarakat Sumatera Utara memanfaatkan program kredit usaha rakyat (KUR) klaster.

Dalam program KUR tersebut, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 285 triliun.

Adapun pemerintah menetapkan bunga sebesar 3 persen dalam program KUR ini. Sehingga akan sangat disayangkan apabila pemerintah daerah tak turut me dorong program KUR klaster ini.

"KUR ini anggaran yang diturunkan Rp 285 triliun sehingga masih ada ruang lagi dan kali ini tidak ditentukan berapa persen pertanian, industri, tapi dibuka sebebasnya," ungkap Airlangga dalam Rakor Evaluasi PPKM di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Kamis (9/9/2021).

"Dan untuk penerima KUR pertama ini akan diberikan keringanan 6 bulan tidak bayar, baru bulan berikutnya 3 persen. Sehingga untuk pemberdayaan ekonomi ini banyak sekali yang sudah digelontorkan pemerintah," jelasnya.

Ditambahkan Airlangga, bahwa di Sumut pemanfaatan KUR ini salah satunya bisa digunakan untuk perkebunan sawit.

Tak hanya itu, program KUR ini bisa juga untuk pengajuan secara kelompok. Bila jumlah kredit sebesar Rp 500 juta per orang, maka kelompok bisa diperoleh sebesar Rp 5 miliar .

"Sehingga tentu ini bisa didorong karena Sumut berbasis perkebunan, pertanian, kakao, kopi dan yang lain. Silakan bentuk kelompok nanti akan kami bantu pelaksanaan di lapangan," pungkasnya.

(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved