Breaking News:

Pemkab Deliserdang Fokus Turunkan Stunting, Begini Keterangan Lengkap Wakil Bupati

Wakil Bupati Deli Serdang, Ali Yusuf Siregar mengikuti penilaian kinerja kabupaten/kota dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi.

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Wakil Bupati Deliserdang, Yusuf Siregar Mengikuti Rapat Kinerja Penurunan Stunting di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.COM, LUBUKPAKAM - Wakil Bupati Deli Serdang, Ali Yusuf Siregar mengikuti penilaian kinerja kabupaten/kota dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting 2020 di Aula Cendana Lantai-II, Kabupaten Deliserdang. Acara tersebut digelar secara virtual. 

Sejumlah pejabat di Pemprov Sumut mengikuti acara tersebut. 

Wakil Bupati Deliserdang Yusuf Siregar mengatakan, lewat acara tersebut semoga bisa tercipta komitmen dari seluruh pihak dalam melaksanakan delapan aksi konvergensi secara bersama. Dan, terciptanya best practise dalam penanganan dan pencegahan serta percepatan penurunan stunting. 

"Pernyataan komitmen pelaksanaan stunting pada tanggal 3 Oktober 2019 di Jakarta, Kabupaten Deli Serdang ditetapkan sebagai salah satu kabupaten prioritas penurunan stunting," ujarnya saat memberikan kata sambutan. 

Ia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Deliserdang melakukan pemetaan hingga ke tingkat desa. Lewat pemetaan tersebut pada 2021 ditetapkan 20 desa skala prioritas penanganannya. 

Lalu, pada 2021 ada 25 desa yang menjadi lokus prioritas stunting di Kabupaten Deliserdang. 

"Ditargetkan 45 desa sebagai lokus prioritas stunting. Kondisi pada tahun 2020 status kesehatan masyarakat menghasilkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas ) pada tahun 2018 angka prevalensi stunting balita di Kabupaten Deli Serdang cukup tinggi sebesar 25,7 persen. Dari grafik tersebut terlihat bahwa intervensi yang dilakukan dapat menekan angka stunting menjadi 3,07 persen  pada tahun 2020," katanya. 

Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Deliserdang akan terus bekerja dan tetap komitmen agar Deliserdang Bebas Stunting atau disingkat "D BEST". Kemudian, pada 2020 Kabupaten Deliserdang terbaik penilaian aksi 1-4 tingkat Sumatera Utara.  

"Saya memberikan penekanan komitmen terhadap seluruh perangkat daerah sampai pada tingkat desa/kelurahan untuk memastikan bahwa program pelaksanaan aksi 1 sampai dengan aksi 8 ini berjalan dengan optimal. Dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sehingga Kabupaten Deli Serdang bebas dari stunting serta menuju masyarakat sadar stunting," katanya. 

Selain itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten Deliserdang menyadari situasi pandemi Covid-19 terjadi refocusing anggaran. Akan tetapi, semangat Pemkab Deliserdang untuk menurunkan angka stunting tidak berkurang. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved