Breaking News:

Yusuf Siregar Membuka Kursus Mahir Dasar Kepramukaan di Pesantren Darul Arafah Raya

Wakil Bupati Deliserdang, Yusuf Siregar membuka kursus mahir dasar kepramukaan Gugus Depan 05001-05002 di Aula Pondok Pesantren Darul Arafah Raya

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Wakil Bupati Deliserdang Yusuf Siregar Membuka Pelatihan Pramuka di Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.COM, LUBUKPAKAM- Wakil Bupati Deliserdang, Yusuf Siregar membuka kursus mahir dasar kepramukaan Gugus Depan 05001-05002 di Aula Pondok Pesantren Darul Arafah Raya, Desa Lau Bakeri, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang

Pembukaan kursus tersebut ditandai dengan penyerahan tunggul latihan kepada Pusdiklat Gerakan Pramuka Deliserdang, H Muchlis Muchtar dan penyematan tanda peserta kursus. 

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua Kwarcab Deliserdang, Yusuf Siregar, dan pengurus Kwarcab Pramuka Deliserdang. Kemudian, Mabiran dan Kwarran Kutalimbaru, Muspika Kutalimbaru serta pimpinan pondok pesantren sekaligus ketua majelis pembimbing gugus depan 05001-05002. 

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Arafah Raya, H Harun Lubis mengatakan terima Kasih kepada Wakil Bupati Deli Serdang sekaligus Ketua Kwarcab Deli Serdang H. M Ali Yusuf Siregar yang telah hadir dan membuka secara langsung kursus mahir dasar kepramukaan Gugus Depan 05001-05002 Pesantren Darul Arafah Raya.

"Insya Allah pada tahun ini dan tahun depan kursus Mahir Dasar Pramuka ini menjadi program tahunan di Gugus Depan Pondok Pesantren Darul Arafah Raya. Sehingga kegiatan ini menjadi momen santri tingkat akhir yaitu santri kelas III Tsanawiyah dan Kelas III Aliyah untuk mendapatkan kursus wajib kepramukaan," ujarnya. 

Ia menambahkan, sejalan dengan visi dan misi pesantren yaitu membentuk generasi Islam yang mandiri, unggul dan berprestasi. Kemudian, berkarakter islam. Kegiatan khusus Mahir Dasar Kepramukaan itu sangat bermanfaat bagi individu serta kelembagaan. 

Sedangkan, Wakil Bupati Deliserdang Yusuf Siregar menyatakan, Pemkab Deliserdang sangat bergembira bisa melaksanakan KMD namun masih berada dalam situasi Covid-19. 

"Yang telah berlangsung sejak setahun yang lalu. Hal ini membuat kita harus disiplin menahan diri, prihatin dan berusaha membantu menanggulangi pandemik ini," katanya. 

Sebagaimana tema Hari Pramuka ke 60 tahun 2021 "Berbakti tanpa henti". Namun dari sisi lainnya, tidak boleh menyerah dan berputus asa, justru tantangan yang ada harus sikapi dengan semangat seorang pramuka untuk pantang berputus asa dan tetap rela menolong sesama.

"Dan hari ini kita buktikan bahwa aktivitas kegiatan kepramukaan tetap berjalan dengan dilaksanakannya kursus pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) di pesantren ini," ujarnya. 

Ia menambahkan, wujud upaya Gerakan Pramuka dalam rangka meningkatnya pengertian dasar pendidikan kepramukaan serta garis besar haluan pembinaan dan pengelolaan satuan Pramuka di Gugus Depan. 

“Selaras dengan visi gerakan pramuka, yaitu mewujudkan anggota gerakan pramuka yang relevan sesuai kebutuhan zaman mereka, untuk melakukan perubahan yang lebih baik lagi dalam kehidupannya. Sedangkan misi gerakan pramuka adalah mengarahkan dan menjadikan kaum muda sebagai  Agent Of Change (pelopor pembaharu) yang Inovatif," katanya. 

Lebih lanjut, KMD dilaksanakan merupakan langkah awal bagi adik-adik untuk kelak menjadi pembina pramuka. Oleh karena itu, ikuti semua kegiatan dengan seksama dengan baik. 

Kemudian, melakukan juga interaksi dengan pelatih secara tekun, sehingga yang diperoleh di KMD dijadikan bekal untuk membina gugus depan. Lalu, Gugus depan merupakan suatu kesatuan organik terdepan dalam penyelenggaraan kepramukaan. 

(*)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved