Breaking News:

Lapas Binjai Periksa Instalasi Listrik Antisipasi Kebakaran di Dalam Blok

Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Kota Binjai memeriksa seluruh instalasi listrik di fasilitas itu agar tidak terjadi kebakaran seperti di Tangerang.

Penulis: Satia | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/SATIA
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Kota Binjai, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Binjai Barat, lakukan pengecekan seluruh instalasi listrik, guna antisipasi terjadinya kebakaran, Jumat (10/9/2021). 

TRIBUN MEDAN.com, BINJAI - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Kota Binjai memeriksa seluruh instalasi listrik di fasilitas itu agar tidak terjadi kebakaran seperti di Lapas Tangerang. 

Dilakukan pengecekan ini, agar tidak terjadi peristiwa seperti di Lapas Kelas I, Tanggerang. Dalam pengecekan ini, petugas memeriksa seluruh ruang napi. 

"Kami memeriksa arus kelistrikan yang ada di tiap kamar hunian," kata Kalapas Maju Amintas Siburian, Jumat (10/9/2021). 

Lapas Binjai merupakan bangunan bersejarah yang berdiri sejak 1918. Instalasi listrik menjadi atensi petugas guna mencegah kebakaran seperti di Lapas Tangerang.

"Kegiatan ini menindaklanjuti instruksi Kepala Kantor Kemenkumham Sumut, melaksanakan pemeriksaan dan penertiban jaringan arus listrik di seluruh blok hunian, dapur dan ruang sarana kerja atau bengkel kerja kami," kata dia. 

Total ada sebanyak enam blok hunian dengan jumlah 86 ruang hunian yang diperiksa berikut dapur, ruang sarana kerja atau bengkel kerja hingga dapur dan kamar kecil. Setiap sudut diperiksa petugas, kabel sudah bagus tidak ada kabel telanjang, namun perlu dilakukan perbaikan agar lebih rapi.

Saat kegiatan, petugas menemukan beberapa titik jalur listrik yang perlu penyempurnaan atau perbaikan. Maju mengatakan titik jalur kelistrikan akan segera mendapat perbaikan.

"Lapas Klas IIA dibangun tahun 1918, hasil temuan kami ada jalur listrik yang sudah sangat-sangat memerlukan penggantian. Dan kami akan segera menindaklanjuti temuan-temuan tersebut menyesuaikan dengan anggaran yg ada di kami," ujarnya.

Selain jalur kelistrikan, dia mengatakan, pihaknya selalu meminta personel untuk memeriksa Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Maju juga menyampaikan rasa duka cita atas peristiwa kebakaran di Lapas Klas 1 Tangerang. 

Terpisah, Kaur Umum Lapas Binjai Roos Hartati mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas PLN, instalasi listrik dalam keadaan aman. 

“Sejauh ini, hasil pemeriksaan PLN dan petugas, Kondisi instalasi dalam keadaan aman, namun ada beberapa catatan seperti MCB yang memang secara usia memang sudah diperlukan pergantian” ucapnya. (wen/tribun-medan.com)
   

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved