Breaking News:

Begini Komitmen Bobby Nasution untuk Kelola APBD Kota Medan Secara Transparan

Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, Pemerintah Kota Medan bersama DPRD Kota Medan akan mengelola Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)

Editor: jefrisusetio
TRIBUN MEDAN/RECHTIN
Wali Kota Medan Bobby Nasution 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, Pemerintah Kota Medan bersama DPRD Kota Medan akan mengelola Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kota Medan secara efektif dan transparan. 

Jadi, eksekutif dan legislatif punya komitmen untuk mengelola APBD secara efektif dan transparan sehingga pembangunan Kota Medan bisa lebih baik lagi kedepannya. 

"Kita semua memiliki komitmen yang sama untuk mengelola APBD yang efesien, efektif, transparan dan taat azas. Namun juga harus disadari kompleksitas tuntutan, kebutuhan dan kepentingan pembangunan kota tetap berada di atas kapasitas fiskal yang dapat diformulasikan dalam APBD," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution ketika menyampaikan Nota Pengantar Daerah Terhadap Ranperda Kota Medan Tentang P.APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2021 di Gedung DPRD Medan. 

Dalam Paripuna yang dipimpin Ketua DPRD Medan Hasyim dan para Wakil Ketua DPRD Medan, Bobby Nasution yang hadir bersama Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman mengungkapkan Pemko Medan telah  menetapkan skala prioritas. 

Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Medan akan melaksanakan program dan kegiatan pembangunan kota yang paling optimal memberikan dampak kepada masyarakat. Diharapkan ada dukungan partisipasi dan kolaborasi yang semakin luas dari stakeholder kota, terutama dalam implemntasi pelaksanaan APBD nantinya.

"Pemko Medan berharap ada dukungan, partisipasi dan kolaborasi yang semakin luas dari seluruh stakeholder kota terutama dalam implementasi pelaksanaan APBD nantinya," ujarnya. 

Bobby Nasution juga menjelaskan berdasarkan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan  Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan yang telah disepakati.  Maka struktur APBD.P Kota Medan Tahun Anggaran (TA) 2021 dapat digambarkan dari sisi pendapatan dan belanja daerah.

Dari sisi  pendapatan daerah setelah  TA 2021 setelah perubahan diproyeksikan sebesar Rp.5.208.964.175.199,00. Bobby Nasution mencatat proyeksi pendapatan daerah yang direncanakan tersebut cukup realistis, baik yang bersumber  pendapatan asli daeerah (PAD)  maupun jenis pendapatan lainnya.

"Dari sisi belanja daerah, diperkirakan sebesar Rp.5.731.395.062.275,00. Dimana secara umum, keseluruhan belanja daerah diprioritaskan  kepada upaya perbaikan infrastruktur jalan, pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Medan, khususnya untuk penangan pandemic Covid-190, mengatasi masalah banjir, pelayanan kebersihan Kota Medan serta pengembangan usaha kecil mikro dan menengah," katanya.

Bobby Nasution menambahkan dari sisi pembiayaan guna menutupi defisit belanja daerah, ditetapkan perkiraan pembiayaan daerah sebagai berikut yakni pembiayaan penerimaan sebesar Rp.622.430.887.156,00 dan pembiayaan pengeluaran sebesar Rp.100 miliar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved