Breaking News:

News Video

Cerita Warga di Bantaran Sungai Sei Agul yang Sering Kali Terkena Banjir Luapan Sungai

Salah satu warga yang tinggal di bantaran Sungai Sei Agul Salah satu warga yang tinggal di bantaran Sungai Sei Agul.

Penulis: Almazmur Siahaan | Editor: Bobby Silalahi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Salah satu warga yang tinggal di bantaran Sungai Sei Agul, Jalan Karya Rakyat, Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Maisa Salah satu warga yang tinggal di bantaran Sungai Sei Agul.

Dikatakannya, meski air sungai cepat surut, namun jika sudah banjir banyak kerugian yang ia rasakan.

"Terganggu sih warga. Memang cepat surutnya, tapi kan barang-barang banyak. Nanti gasnya sampai tenggelam jadi kita ungsikan, lemari juga hancur, baru beli 3 bulan sudah hancur, kita kan enggak tahu banjir," ujar Maisa, Sabtu (11/9/2021).

Maisa menambahkan, air sungai biasanya masuk melalui kamar mandi mereka, bukan dari depan rumah.

Ketinggian banjir di dalam rumahnya bisa mencapai selutut orang dewasa.

Selain itu, sampah-sampah dari sungai juga sering masuk ke dalam rumahnya jika rumahnya tersebut banjir.

Kondisi tersebut juga membuat Maisa dan keluarganya sangat lelah karena harus menguras air sungai tersebut dan membersihkan barang-barangnya.

"Kalau sudah banjir, kami di rumah sajalah menguras air. Kadang anak-anak mengungsi di atas, kan ada juga kami bikin kamar di loteng. Pokoknya kalau sudah banjir Ini basah semualah," katanya.

Maisa yang sehari-harinya seorang tukang cuci dan suaminya seorang kuli bangunan berharap setidaknya pembangunan tanggul bisa diperpanjang beberapa meter.

Warga lainnya, Fatimah mengatakan, kondisi tersebut juga membuat dinding rumahnya yang hanya terbuat dari kayu mulai rusak.

"Karena sering banjir, dinding rumah kami jadi rusaklah. Kan cuma dari kayu, lembablah kalau sudah kena air berjam-jam," katanya.

Pantauan Tribun-Medan, beberapa perlengkapan seperti lemari yang ada di rumah warga, bagian bawahnya sudah terlihat rusak dan lapuk.

(Cr17/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved