Breaking News:

Aulia Rachman Minta DPMPTSP Segera Lakukan Langkah Strategis Ubah IMB Jadi PBG

Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman memimpin rapat koordinasi membahas tentang penerbitan izin bangunan.

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman Memimpin Rapat bersama OPD Pemko Medan. Adapun Pembahasan Rapat Terkait Perubahan Aturan tentang IMB. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman memimpin rapat koordinasi membahas tentang penerbitan izin bangunan. Dalam rapat itu dihadiri sejumlah pimpinan OPD di Pemerintah Kota Medan. 

Aulia Rachman mengatakan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) melakukan langkah startegis untuk menerapkan kebijakan perubahan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

"Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung," ujarnya saat memberikan keterangan usai rapat. 

Terkait aturan baru ini, DPMPTSP agar mempersiapkan orang-orang yang dapat menjalankan layanan berbasis web Sistem Informasi Bangunan Gedung (SIMB).

"Kita harus menghindari tatap muka dalam pengurusan izin. Semua dilakukan secara online. Sistem itu membuat warga mengetahui sudah sampai di mana berkas pengurusan. Jika ada terhambat, warga bisa mengetahui di mana dan apa masalahnya," katanya. 

Selain itu, DPMPTSP  juga mempercepat proses pengurusan berkas-berkas perizinan bangunan yang tertahan, termasuk berkas yang masih berada di  Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota.

Aulia meminta agar berkas-berkas yang selama ini masih tertahan di Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota segera diserahkan pada DPMPTSP sebagai OPD yang kini menangani perizinan mendirikan bangunan.  

Di samping itu, Aulia juga meminta Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota mengirim orang yang berkompeten ke DPMPTSP untuk bertugas dalam memproses penerbitan perizinan, yakni petugas gambar dan peneliti.    

Dalam rapat itu juga terungkap, sampai awal September 2021 ini, perolehan PAD dari Retribusi Izin Mendirikan Bangunan sudah mencapai 87,2 persen dari target Rp 32 miliar lebih.

"Melihat perolehan tersebut, kita harapkan realisasi perolehan Retribusi Izin Mendirikan Bangunan pada Tahun Anggaran 2021 ini dapat melebihi target," ungkap Aulia yang di akhir rapat tersebut meminta agar OPD terkait mengkaji pengurusan izin bangunan untuk rumah pribadi dapat dilakukan di wilayah atau kecamatan. 

(*) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved