Breaking News:

Segini Aset Koperasi Kabupaten Deliserdang, Sangat Fantastis Kekayaannya

Pemerintah Kabupaten Deliserdang menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi tahun buku 2020 di Aula Hotel Wing

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Pengurus Koperasi Kabupaten Deliserdang Menggelar RAT Koperasi tahun tutup buku 2020 di sebuah hotel swasta, tidak jauh dari Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.COM, LUBUKPAKAM - Pemerintah Kabupaten Deliserdang menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi tahun buku 2020 di Aula Hotel Wing, Kecamatan Batangkuis. Acara dimulai dengan pembacaan laporan pertanggungjawaban pengurus. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Deliserdang, Darwin Zein mengatakan, rapat anggota koperasi merupakan kegiatan tahunan. Dan, wujud dari pelaksanaan prinsip demokrasi dalam pengelolaan badan usaha. 

Kemudian, turut dilakukan evaluasi dan saran-saran agar manajemen koperasi bisa lebih berkembang lagi sehingga terciptanya koperasi yang efektif dan efisien. 

“Kita patut bersyukur meskipun di tengah pandemi Covid 19, KPRI Kabupaten Deliserdang sampai saat ini masih tetap maju dan eksis. Kesemuanya ini tentu tidak terlepas dari dukungan pengurus dan peran aktif seluruh anggota yang tergabung dalam KPRI Kabupaten Deli serdang. Saya berharap dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan dengan bekerja keras dan professional, agar koprasi kita semakin maju dan berkembang di tahun yang akan datang," ujarnya. 

Pernyataan serupa disampaikan ketua II KPRI Pemkab Deliserdang, Putra Jaya Malu. Ia bilang, kemajuan koperasi bukan semata-mata berada peran pengurus saja. Tetapi, peran dari para anggota. Sebab, koperasi berasal dari anggota untuk kesejahteraan anggota. 

"Koperasi kita ini telah melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian yang tujuannya agar anggota paham berkoperasi dan mengetahui hak dan kewajibannya. Diklat yang kita laksanakan sudah sampai pada Angkatan ke XI (sebelas) dan diharapkan bagi yang telah mengikuti diklat dapat aktif memberikan saran dan masukan yang lebih konstuktif untuk kemajuan Koperasi kita ini kedepannya," katanya. 

Dia menyatakan, KPRI Pemkab Deliserdang bergerak dari usaha simpan pinjam tetapi saat ini pengurus tengah melakukan pembenahan administrasi. Terkhusus administrasi keuangan terutama pada RAT tahun buku 2020. 

Secara ekonomi, KPRI Pemkab Deliserdang berkembang dengan baik. Terbukti dari pertumbuhan aset tahun buku 2020 sebesar Rp. 38.198.437.819,- (tiga puluh delapan miliar seratus sembilan puluh delapan juta empat ratus tiga puluh tujuh ribu delapan ratus sembilan belas rupiah).

"Yang berarti pertumbuhan koperasi pada RAT Tahun Buku 2020 ini sebesar Rp. 1.378.850.888,- (satu miliar tiga ratus tujuh puluh delapan juta delapan ratus lima puluh ribu delapan ratus delapan puluh delapan rupiah) yakni 3.74%," ujarnya. 

Menurutnya, pertumbuhan dan perkembangan koperasi tentu saja akan bermuara terhadap kesejahteraan anggotanya. Seperti pembagian THR mencapai Rp. 1.200.000,- (satu juta dua ratus ribu rupiah) per orang.

Jadi, pembagian THR tersebut tidak mengganggu stabilitas keuangan Koperasi. Pertumbuhan dan perkembangan  koperasi bukan berarti tidak ada kendala bagi pengurus, kendala yang terjadi sama seperti yang kami sampaikan pada RAT Tahun lalu yakni kurang disiplinnya bendahara dari unit-unit  kerja yang terkadang menunggak setoran.

“Bendahara itu wajib meyetorkan simpanan wajib dan potongan pinjaman tiap anggota di unit kerjanya ke koperasi. Namun ada bendahara tidak menyetorkar secara ke koperasi ,hal ini merupakan penyalahgunaan wewenang," ungkapnya. 

(*) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved