Breaking News:

Kesehatan

CEK FAKTA Soal Minum Air Kelapa Sebelum atau Sesudah Vaksin Bisa Menetralisir Kondisi Tubuh

Bagi sebagian orang yakin minum air kelapa sebelum dan sesudah vaksin dapat menetralisir tubuh. Benarkah?

Penulis: anisa rahmadani | Editor: Array A Argus
dok/tribunews
BERITA KESEHATAN: Cegah Batu Ginjal, Diabetes hingga Penuaan Dini, 7 Manfaat Air Kelapa Gak Disangka 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN- Sejumlah orang meyakini bahwa minum air kelapa sebelum dan setelah vaksin Covid-19 dapat menetralisir kondisi tubuh.

Namun, apakah informasi tersebut benar adanya?

Menurut Pakar Kesehatan sekaligus dokter yang menjabat sebagai Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Umar Zein, minum air kelapa sebelum atau sesudah vaksin Covid-19 tidak akan membuat efek apapun pada tubuh.

Baca juga: Unik Batang Pohon Kelapa Seperti Ular di Desa Naga Kesiangan Serdangbedagai

"Itu kan kata orang-orang dan menurut kepercayaan orang dari dulu bahwa air kelapa diyakini sebagai obat penetral. Namun dalam ilmu medis, sebenarnya tidak mempengaruhi apapun pada vaksin Covid-19," terang Umar, Senin (13/9/2021).

Dia menjelaskan, mau apapun bentuk kelapanya, vaksinasi tetaplah virus yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia agar imunitas tubuh menjadi kebal dan tidak gampang tertular penyakit.

"Jadi pasti ada efek samping dari vaksin, namun tidak membahayakan. Misalnya saja lebih kuat makan ataupun bawaannya ngantuk bahkan bisa demam," paparnya.

Baca juga: Resep Es Kelapa Cincau dan Cara Membuatnya, Minuman Segar yang bisa Manjakan Tenggorokan

Jadi, kata Umar, meski kita meminum air kelapa sebelum atau setelah vaksin, tetap saja ada efek samping usai disuntik. 

"Jadi jika dengar masih katanya, itu hanya orang yang pandai pandai saja. Tapi jika mereka mempercayai itu ya sah-sah saja," jelasnya.

Namun diingatkan Zein, bahwa sejauh ini berdasarkan penelitian medis, minum air kelapa setelah vaksin tidak akan mempengaruhi apapun.

"Mau minum air kelapa muda ataupun bahan alami lainnya itu tidak mempengaruhi vaksin. Tapi kalau minum jahe dan bahan rempah lainnya yang diyakini masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh itu sah sah saja," paparnya.(cr5/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved