Breaking News:

Project Baru Bobby Nasution

Keren Nih, Bobby Nasution Akan Jadikan Tiga Pasar Sebagai Lokasi Percontohan Kawasan Bebas Sampah

Bobby Nasution bakal 'sulap' tiga pasar jadi lokasi percontohan kawasan bebas sampah

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Array A Argus
Dok. Pemko Medan
Bobby Nasution pun langsung turun ke lapangan di Jalan Ampera Kelurahan Bantan Kecamatan Medan Tembung yang mengirimkan informasi berupa tergenangnya jalanan di sekitar lingkungan mereka Sabtu (11/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution akan menjadikan tiga pasar di Medan sebagai lokasi percontohan kawasan bebas sampah.

Hal ini tertuang dalam surat keputusan Wali Kota Medan No.658.5/31.K/VIII/2021 tentang Lokasi Percontohan Kawasan Bebas Sampah Di Kota Medan yang dikeluarkan pada Agustus 2021 lalu.

Tiga pasar tersebut yakni Pasar Induk Lau Cih, Pasar Sentosa Baru dan Pasar Bakti.

"Saya ingin ada kawasan percontohan bebas sampah di Kota Medan, termasuk pasar. Apabila pasar bersih akan muncul sirkulan ekonomi di pasar tersebut. Akan muncul layanan-layanan yang bisa berdampak pada peningkatan nilai ekonomi," kata Bobby, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Bobby Nasution Luncurkan Jaringan: Mudahan-mudahan Jaringan 5 G Ini Menjangkau Seluruh Kota Medan

Bobby mengatakan, Kota Medan sempat mendapat predikat buruk dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI sebagai kota terjorok di tahun 2019 lalu.

"Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan selaku OPD yang bertanggungjawab dengan masalah kebersihan agar menangani sampah mulai dari hulu hingga hilir," katanya.

Dikatakannya, selain memperkuat keberadaan bank sampah, tempat pembuangan sampah (TPS) berbasis 3R (Reduse, Reuse & Recycle), juga pengelolaan sampah di TPA Terjun harus dilakukan dengan teknologi sehingga gunungan sampah yang ada dapat diatasi.

Baca juga: Bobby Nasution Bilang PPKM di Medan Bisa Turun Level Jika Semua Masyarakat Lakukan Hal Ini

"Termasuk, mengoperasikan kembali TPA Namo Bintang yang memiliki lahan seluas lebih kurang 16 hektar," ucapnya.

Bobby mengaku, pihaknya telah membangun kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumut dan Pemkab Deliserdang untuk pembangunan TPA Regional di Talun Kenas, Kabupaten Deliserdang.

"Di tempat itu nantinya pengelolaan sampah akan menggunakan sistem sanitary landfill yang ramah lingkungan," jelasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved