Breaking News:

Kota Medan Masih PPKM Level 4, Ini Penjelasan Menko Airlangga!

Enam daerah yang masih tetap Level 4, yakni Banda Aceh, Bangka, Medan, Kotabaru, Palangkaraya dan Palu.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Liston Damanik
ekon.go.id
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto pada Senin (13/9/2021) malam kembali menyampaikan hasil evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa Bali melalui kanal youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Airlangga menyebutkan, bahwa per tanggal 12 September 2021, daerah di luar Jawa Bali berkontribusi terhadap kasus aktif nasional sebesar 59,46 persen. 

Sementara, di Pulau Sumatra total kasusnya recovery rate sudah 91,66 persen konfirmasi fatality rate sudah 3,45 persen. Dan kasus aktif dari tanggal 9 Agustus 2021 hingga 12 September 2021 turun 68,30 persen.

Ia pun menjelaskan, berdasarkan hasil evaluasi selama sepekan, yakni hingga tanggal 12 September 2021, dari 23 kabupaten/kota di luar Jawa Bali yang menerapkan PPKM Level 4, 17 kabupaten/kota di antaranya berhasil dinyatakan turun level.

"Ada 17 kabupaten/kota yang mengalami perbaikan, di mana 16 di antaranya turun dari level 4 ke level 3. Bahkan satu kabupaten turun ke level 2," ungkap Airlangga, Senin.

Namun, sambung Airlangga, kabupaten/kota yang dinyatakan turun level, tetap masih harus menerapkan PPKM level 4, agar pemerintah maupun masyarakat setempat tetap waspada, karena pandemi Covid-19 bersifat dinamis.

Apalagi tujuh belas kabupaten/kota yang dinyatakan turun level tersebut, jumlah vaksinasi di daerahnya belum mencapai 20 persen.

"Kami masih menunggu tingkat vaksinasinya minimal bisa mencapai 20 persen," sebutnya.

Sementara enam kabupaten/kota lainnya, tetap berada di kriteria PPKM level 4, meski beberapa indikator yakni angka kesembuhan dan kematian serta bed occupancy rate (BOR) menunjukkan angka perbaikan.

"Enam daerah yang masih tetap Level 4, yakni Banda Aceh, Bangka, Medan, Kotabaru, Palangkaraya dan Palu," sebut Airlangga.

Dan dari 23 kabupaten/kota di luar Jawa Bali yang masih menerapkan PPKM level 4, ada dua belas kabupaten/kota yang tingkat vaksinasinya berada di atas rata-rata nasional.

Sedangkan sebelas kabupaten/kota lainnya di luar Jawa Bali berada di bawah rata-rata nasional, yakni Aceh Tamiang, Aceh Besar, Bangka, Kota Padang, Mandailingnatal, Kotabaru, Kutai Kartanegara, Kota Tarakan, Poso, Bolaang Mongondow dan Kupang.

Terkait testing dan tracing, terdapat tiga provinsi di luar Jawa Bali yang tingkat testingnya kurang dari 50 persen, yakni Aceh, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

"Sedangkan tracing di atas sepuluh ada satu provinsi yaitu Sumut," pungkasnya. (ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved