Breaking News:

Polsek Bandar Pulau Sidang Diversi Pelaku di Bawah Umur Kasus Pencurian Brondolan Sawit

Polsek Bandar Pulau melakukan sidang diversi di terhadap kasus pencurian brondolan sawit di Desa Pulau Maria milik PT SSL.

Penulis: Alif Al Qadri Harahap | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/HO
Kapolsek Bandar Pulau Ali Yunus Siregar memimpin sidang diversi di Aula Polsek Bandar Pulau. 

TRIBUN-MEDAN.com, ASAHAN - Polsek Bandar Pulau melakukan sidang diversi di terhadap kasus pencurian brondolan sawit di Desa Pulau Maria milik PT SSL.

Diversi merupakan pengalihan penyelesaian perkara dari proses peradilan ke proses di luar peradilan pidana. 

Kapolsek Bandar Pulau, AKP Ali Yunus Siregar mengatakan, diversi tersebut dilakukan atas pencurian brondolan sawit yang memiliki berat 15 kg. 

"Jadi AD (14) warga Kebun Pulau Maria, Kecamatan Rahuning, mencuri brondolan sawit dengan berat 15 kg milik PT SSL. Namun dikarenakan AD masih di bawah umur, kami melakukan diversi hukum agar dia mendapatkan haknya," ujar AY Siregar, Senin(13/9/2021) melalui jaringan telepon. 

Lanjutnya, konsep diversi hukum untuk mengalihkan proses pidana di luar pengadilan dengan prinsip keadilan restoratif. 

"Terutama tujuan dari diversi ini untuk menjauhkan anak dari proses peradilan," katanya. 

Dalam melakukan diversi hukum, jelasnya musyawarah antar kedua belah pihak dilakukan agar tidak ada yang saling di rugikan. 

"Jadi, dilakukan diversi hukum ini untuk mencari titik tengah antara kedua belah pihak agar tidak ada yang saling di rugikan dan di untungkan. Sehingga sistem yang dilakukan dengan prinsip musyawarah," katanya. 

Katanya, dari hasil diversi yang dilakukan terhadap pelaku, maka penyidikan terhadap kasus tersebut di berhentikan atau SP3. 

"Dengan catatan, si pelaku tidak melakukan kejahatan lainnya. Baik dari kasus lama, maupun kasus baru. Kalau masih melakukan, maka akan di kenakan sanksi pidana," pungkasnya. (cr2/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved