Breaking News:

Imigrasi Medan

Apakah Mungkin Indonesia Buka Border Mengingat PPKM Saat Ini Mulai Dilonggarkan? Simak Penjelasannya

Sampai hari ini Selasa, 14 September 2021, Indonesia diketahui memang belum membuka border khususnya untuk Warga Negara Asing.

Editor: Ismail
Dok. Imigrasi Medan
Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia pada masa PPKM 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Sampai hari ini Selasa, 14 September 2021, Indonesia diketahui memang belum membuka border khususnya untuk Warga Negara Asing. Menurut Tato Juliadin Hidayawan selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, terkait border atau perlintasan di wilayah Indonesia berpedoman pada peraturan dari pemerintah pusat dalam hal ini Peraturan Menteri Hukum dan HAM. Kakanimsus menyebutkan untuk saat ini peraturan terkait Perlintasan khususnya untuk Foreigners yang hendak masuk ke wilayah Indonesia berpedoman pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 27 Tahun 2021 yang dikeluarkan sejak 19 Juli 2021.

Permenkumham 27 Tahun 2021 menyebutkan bahwasanya seluruh Warga Negara Asing (WNA) dilarang untuk memasuki atau transit pada wilayah Indonesia, akan tetapi dikecualikan untuk 6 (enam) kategori berikut antara lain:

1.  Orang Asing pemegang Visa Diplomatik dan Visa Dinas;

2.  Orang Asing pemegang Izin Tinggal Diplomatik dan Izin Tinggal Dinas;

3.  Orang Asing pemegang Izin Tinggal Terbatas (ITAS) dan Izin Tinggal Tetap (ITAP);

4.  Orang Asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan;

5.  Awak Alat Angkut yang datang dengan Alat Angkutnya.

Peraturan tersebut secara khusus mengatur tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia pada masa PPKM. Kita ketahui bersama bahwasanya penerapan PPKM di sebagian besar wilayah Indonesia berhasil dan mulai diturunkan level PPKM itu sendiri. Pada wilayah Jawa Bali saat ini pemberlakukan PPKM sebagian besar level 2 dan 3 sedangkan di luar Jawa Bali diantaranya seperti wilayah Sumatera Utara termasuk Kota Medan masih diberlakukan PPKM level 4 hingga 20 September 2021.

Akan tetapi, secara statistik sendiri kita ketahui bersama dari data yang disajikan oleh Kementerian Kesehatan bahwasanya tren Covid-19 di Indonesia cenderung menurun. Data pada 13 September 2021 saja menyajikan positivity rate 2.1% terendah sejak adanya pandemi awal Maret 2020, serta kasus Nasional aktif saat ini dibawah 100.000. Berita bahagia ini wajib kita syukuri tanpa sedikit pun lengah untuk kapanpun dan dimanapun memperhatikan protokol kesehatan.

Pemerintah pusat memang belum memutuskan untuk membuka border untuk saat ini dengan beberapa pertimbangan antara lain, kasus secara akumulatif masih dirasa cukup tinggi, mencegah adanya imported case, serta upaya untuk bisa mengendalikan kasus dalam negeri. Usaha yang kita semua bisa lakukan adalah kompak senantiasa melaksanakan protokol kesehatan serta berdoa semoga pandemi ini segera berakhir khususnya di Negara kita tercinta, amin.

Oleh: Ariza (Analis Keimigrasian - Kanimsus Medan)

           

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved