Breaking News:

Cyber Crime

HATI-HATI Kena Tipu, Akun Medsos Bupati dan Wakil Bupati Sergai Dipalsukan

Masyarakat harus berhati-hati terhadap kemungkinan adanya penipuan mengatasnamakan Bupati dan Wakil Bupati Sergai

Penulis: Muhammad Anil Rasyid | Editor: Array A Argus
HO
Akun medsos palsu mengatasnamakan Bupati dan Wakil Bupati Sergai.(HO) 

TRIBUN-MEDAN.COM,SERGAI-Bagi masyarakat di Kabupaten Serdangbedagai S(ergai) diminta berhati-hati terkait adanya kemungkinan aksi penipuan yang mengatasnamakan Bupati Sergai Darma Wijaya, dan Wakil Bupati Sergai Adlin Umar Yusri Tambunan.

Belakangan ini, marak beredar akun media sosial (medsos) palsu mengatasnamakan Darma Wijaya dan Adlin Umar Yusri Tambunan

"Ditemukan beberapa akun kloning yang memakai identitas pak bupati dan pak wakil bupati di Facebook. Ini tentu perlu diwaspadai oleh masyarakat, terutama masyarakat Sergai," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai H Akmal, Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Respons Laporan Warga di Medsos, Bobby Nasution Perintahkan Perbaikan Jalan Ampera Secepatnya

Akmal mengatakan, ia khawatir akun tersebut dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggujawab untuk tindak kejahatan.

Dia pun memberikan beberapa tips kepada masyarakat untuk membedakan dan menghindari akun-akun palsu yang beredar di sosial media.

"Pertama lihat isi akunnya. Akun palsu umumnya jarang atau bahkan tidak pernah mengunggah kiriman. Bisa dibandingkan dengan akun resmi Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan baik di Facebook atau Instagram yang rutin meng-update posting-an kegiatan kerja atau aktivitas sehari-hari," ujar Akmal. 

Kemudian langkah kedua, kata Akmal, cek daftar pertemanan.

Baca juga: Dituding Jual Tas KW dan Ditagih Utang di Medsos, Medina Zein Mencak-mencak Keluarganya Ikut Dihujat

Biasanya akun palsu belum berumur lama sehingga jumlah pertemanan sangat sedikit.

"Yang terpenting, akun palsu akan menghubungi dan mengiming-imingi hal-hal tertentu yang mencurigakan. Saya mengimbau jangan sampai terperdaya apalagi menyerahkan materi atau data-data penting pribadi," ujar H Akmal.

Terakhir, H Akmal memperingatkan agar masyarakat tidak sembarangan menerima pertemanan dari akun palsu tersebut dan mengabaikan saja atau tidak merespon pertemanan dari akun palsu Bupati Sergai Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan. (cr23/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved