Breaking News:

News Video

Kepala Desa Narumonda VI: Pertumbuhan Jagung Tidak Merata Akibat Curah Hujan Tinggi

Kepala Desa Narumonda VI Sahat Marpaung mengutarakan bahwa curah hujan tinggi pascatanam jagung yang memengaruhi pertumbuhan jagung.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Ade Saputra

Kepala Desa Narumonda VI: Pertumbuhan Jagung Tidak Merata Akibat Curah Hujan Tinggi

TRIBUN-MEDAN.COM, TOBA - Saat disambangi di lokasi penanaman, pertumbuhan jagung tidak merata, tepatnya di Desa Narumonda VI, Kecamatan Siantar Narumonda,Kabupaten Toba pada Selasa (13/9/2021).

Di lokasi, Kepala Desa Narumonda VI menguraikan alasan pertumbuhan jagung yang tidak merata.

Kepala Desa Narumonda VI Sahat Marpaung mengutarakan bahwa curah hujan tinggi pascatanam jagung yang memengaruhi pertumbuhan jagung.

"Saat penanaman, kita melihat pertumbuhannya bagus dan setelah kita tanam, curah hujan tinggi. Pertumbuhan jagung ini sudah sangat jauh lah menurun," terangnya.

"Kalau dari pertumbuhan normalnya, jagung ini akan memunculkan bunga dua minggu ke depan. Kalau sebelumya, hujan datang juga tapi pas waktu pertumbuhannya," sambungnya.

Selanjutnya, ia mengutarakan perihal ketersediaan pupuk yang kini dikeluhkan oleh masyarakat.

"Kalau masalah pupuk, memang masyarakat ada mengeluh sedikit karena enggak pas permintaannya dengan luas lahan yang dikerjakannya," tuturnya.

"Kalau masalah bibit enggak ada. Bibitnya bagus. Waktu kami tanam ini, malamnya datang hujan selama dua minggu hujan terus, nonstop. Datang lagi dua minggu lagi, nonstop," sambungnya.

Dengan demikian, ia berharap Bupati Toba Poltak Sitorus tepati janjinya, menjamin ketersediaan pupuk.

"Mudah-mudahan, dari kabupaten memperhatikan Narumonda VI. Kami mengharapkan semua janjinya ditepati," ungkapnya.

Sementara, luas lahan sawah pascapanen yang disediakan untuk penanaman jagung seluas 25 hektar. Bibit jagung yang disediakan sekitar 500 kilogram.

"Luas lahan yang telah kita tanami di sini seluas kurang lebih 25 hektar, estimasi bibit sebanyak 500 kilogram lebih," pungkasnya.

(cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved