Breaking News:

Koperasi gandeng IZI Wujudkan Pemberdayaan UMKM Berbasis Syariah di Sumut

Koperasi UMKM Syariah Sumut gandeng Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sumut untuk wujudkan pemberdayaan UMKM yang berbasis Syariah

Penulis: Angel aginta sembiring | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/AYU
ILUSTRASI-Ernawati pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) nasabah Bank Sumut 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN – Koperasi UMKM Syariah Sumut gandeng Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sumut untuk wujudkan pemberdayaan UMKM yang berbasis Syariah di Sumatera Utara. 

Ketua Umum Koperasi UMKM Syariah Sumut, Fikri Alhaq Fachryana menyampaikan bahwa hubungan kerjasama ini mengarah pada sebuah bentuk kepedulian Koperasi UMKM Syariah Sumut kepada para UMKM yang sedang mengalami kesulitan. 

Hadirnya koperasi UMKM Syariah Sumut membuka wadah baru bagi para pelaku UMKM untuk keluar dari permasalahan-permasalahan yang ada. 

Baca juga: Catatkan Sejarah UMKM Indonesia, BRI Resmi Menjadi Induk Holding BUMN Ultra Mikro

"Seperti dalam segi keuangan atau finansial, sebagai contoh UMKM yang sedang terkena musibah, terjerat hutang, atau mengalami kebangkrutan sekalipun, koperasi UMKM Syariah Sumut akan membantu dan mensupport dalam bentuk bantuan uang yang akan diserahkan kepada UMKM dalam bentuk pinjaman tanpa riba (salah satu layanan Koperasi UMKM Syariah Sumut)," ujarnya, Selasa (14/9/2021). 

Dengan hal itu, maka masyarakat dan para donatur dapat menyalurkan zakat dan sedekah melalui rekening bersama Koperasi UMKM Syariah Sumut dan IZI.

“Sebagaimana yang tertuang dalam visi koperasi UMKM Syariah Sumut yaitu menjadi wadah anggota UMKM dalam meningkatkan kemampuan keuangan dan segala aspek manajemen bisnis sesuai Syariah," lanjutnya.

Oleh sebab itu, koperasi UMKM Syariah Sumut terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan para UMKM diberbagai aspek manajemen menjadi modal utama.

Baca juga: Bobby Nasution Patut Diapresiasi, Pelaku UMKM Ikut Pengadaan Makan dan Minum di Pemko Medan

Serta tujuan koperasi UMKM Syariah Sumut yang mana salah satunya adalah membentuk kerjasama dengan IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) yang nantinya akan berfokus pada pengelolaan infak, zakat, dan sedekah. 

Adapun kantor koperasi UMKM Syariah Sumut bertempat di Sumut, jalan Karya Wisata kecamatan Medan Johor Komplek J-City Metropolis 1 no. 23, Kota Medan. 

Menanggapi kolaborasi positif ini, Kepala Perwakilan Inisiatif Zakat Indonesia Sumatera Utara M.Iqbal Farizi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Koperasi UMKM Syariah Sumut karena sudah mempercayai IZI sebagai mitra dalam pengembangan Koperasi UMKM Syariah Sumut.

“Dengan adanya hubungan kerjasama ini nantinya akan sangat berdampak positif untuk perkembangan dan kemajuan UMKM salah satunya dalam bentuk keuangan atau finansial serta mampu menjawab segala keresahan UMKM dalam melakukan kegiatan ekonomi tanpa ada rasa khawatir dan was-was, "

"Karena telah terbekali dengan edukasi-edukasi yang berbicara bahwa ekonomi syariah dilarang menggunakan cara-cara yang tidak benar, jauh dari yang bersifat maysir, gharar, haram dan riba”, tutupnya. (cr9/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved