Breaking News:

TRIBUNWIKI

Tak Perlu Repot ke Kantor Samsat, Bayar Pajak Kini Bisa Melalui Toko Ritel, Begini Caranya

Melalui aplikasi ini, masyarakat atau wajib pajak bisa langsung membayar pajak kendaraannya di toko ritel terdekat.

Penulis: Almazmur Siahaan | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN-MEDAN/ALMAZMUR SIAHAAN
Karyawan Indomaret berdiri disamping pelayanan i-Kios di salah satu Indomaret di Jalan Multatuli, Kelurahan Hamdan, Kecamatan Medan Maimun, Selasa (14/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Warga Sumatra Utara (Sumut) saat ini tidak perlu repot-repot lagi membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ) ke kantor Samsat.

Melainkan, bisa langsung membayar di toko ritel yang menyediakan i-Kios.

Caranya dengan menggunakan aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat.

Melalui aplikasi ini, masyarakat atau wajib pajak bisa langsung membayar pajak kendaraannya di toko ritel terdekat.

Baca juga: Gerobak Kopi City Plus, Kedai Kopi Pinggir Jalan Rasa Bintang Lima

Sistem pembayaran melalui inovasi e-Samsat Sumut Bermartabat ini sebelumnya telah diluncurkan pada bulan Januari 2021 lalu untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan.

"Melalui pengembangan dari aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat, bayar PKB, BBNKB dan SWDKLLJ kini dapat dilakukan di Indomaret, Alfamart maupun ritel-ritel lain. Harapannya mempermudah masyarakat membayar kewajibannya dan tidak perlu lagi langsung ke kantor-kantor Samsat kita," ujar Dirlantas Polda Sumut, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, usai meninjau langsung pembayaran pajak kendaraan online di toko ritel melalui aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat, Senin (13/9/2021).

Cara membayar pajak kendaraan di toko ritel cukup mudah, sebagai berikut :

1. Pastikan anda (Wajib Pajak) terlebih dahulu sudah mengisi beberapa data yang harus diisi pada aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat yang sudah diunggah hingga kode bayar dikeluarkan aplikasi tersebut.

2. Kunjungi toko ritel terdekat, lalu lakukan pengecekan data dan biaya pembayaran pajak melalui pelayanan i-Kios yang tersedia di toko ritel tersebut.

3. Setelah Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran (SKKP) PKB/BBNKB/SWDKLLJ keluar dari i-Kios, anda bisa langsung melakukan pembayaran di kasir.

Baca juga: KAI Optimalkan Bisnis Penyewaan Aset

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved