Breaking News:

Wakil Wali Kota Medan Sarankan Pelaku UMKM Manfaatkan Digitalisasi untuk Pasarkan Produk

Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman menyampaikan ada dua fokus Pemerintah Kota Medan saat pandemi Covid-19

Editor: jefrisusetio
TRIBUN MEDAN/HO
Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman pada kegiatan Penilaian Kinerja Kota Medan Dalam Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting tahun 2021, Senin (6/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman menyampaikan ada dua fokus Pemerintah Kota Medan saat pandemi Covid-19. Seperti, fokus pada sisi kesehatan dan penanganan ekonomi. 

"Oleh sebab itu, masyarakat khususnya bagi pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan digitalisasi agar bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19," ujarnya saat menjadi pembicara di acara konferensi studi lokal dengan tema "startegi pemberdayaan UMKM terhadap pembagunan ekonomi masyarakat Kota Medan yang digelar Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI). 

Ia mengimbau kepada pelaku usaha di Kota Medan untuk manfaatkan dunia digitalisasi ditengah pandemi Covid-19. Meski begitu, Pemerintah Kota Medan berperan penting dalam meningkatkan UMKM. Oleh sebab itu, di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Pemko Medan terus bergerak cepat mengembangkan produk lokal UMKM untuk masuk kedalam e-katalok.

Menurutnya, pengembangan produk lokal UMKM untuk masuk dalam e-Katalok demi mendongkrak pemulihan ekonomi masyarakat yang terpuruk selama Covid-19. Seperti melakukan kontrak payung dengan para pelaku UMKM sektor kuliner dalam hal pengadaan makan dan minum di seluruh OPD dan Kecamatan di lingkungan Pemko Medan.

"Untuk pengadaan makan dan minum, Pemko Medan harus membeli produk dari UMKM lokal, disinilah peran Pemerintah dalam membantu pelaku UMKM di masa pandemi covid-19 saat ini agar perputaran ekonomi di Kota Medan dapat pulih kembali."sebut Aulia Rachman.

Peran serta Pemerintah dalam membantu UMKM ini menurut Aulia Rachman sangat diperlukan sebab keberadaan UMKM sangat membantu percepatan pertumbuhan ekonomi.

"Jadi Pemerintah itu wajib memperhatikan, memberikan pendampingan bahkan membantu modal bagi pelaku UMKM, karena kita harus akui UMKM sangat membantu dalam percepatan pertumbuhan ekonomi."pungkasnya. 

(*)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved