Breaking News:

Bobby Nasution Targetkan 30 Ton Sampah di Medan Diolah Jadi Pupuk Setiap Satu Jam Per Hari

Pasar Induk Lau Cih menjadi pasar pertama yang menerapkan pengelolaan sampah menjadi pupuk. 

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/RECHTIN HANI RITONGA
Pengolahan sampah menjadi pupuk di Pasar Induk Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan, Rabu (15/9/2021). Pemko Medan berharap dapat mengolah 20 ton sampah setiap jam untuk menjadi pupuk. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemko Medan mengupayakan sistem pengolahan sampah di kota ini dapat mengolah 30 ton sampah per jam untuk menjadi pupuk. 

"Ini memang skalanya masih kecil yang ada di sini, tapi ke depannya akan ada investasi untuk pengolaannya agar bisa menjadi pupuk. Targetnya bisa mengolah 30 ton dalam satu jam," ujar Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau Program Pasar Bersih dan Penanganan Limbah Sampah di Pasar Induk Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan, Rabu (15/9/2021). 

Dikatakannya, Pasar Induk Lau Cih menjadi pasar pertama yang menerapkan pengelolaan sampah menjadi pupuk. 

Tercatat selama tiga hari, ada empat ton pupuk yang dihasilkan dari pengelolaan sampah organik. 

"Produksi sampah tiga hari di sini sebanyak 4 ton sampah yang dihasilkan dari pasar induk kita ini. Oleh karena itu perlu ada pengelolaan sampah mulai dari pengutipan sampai dengan pengolaan yang komprehensif," katanya.

Ia menuturkan, lokasi dan alat yang dibutuhkan untuk pengelolaan sampah menjadi pupuk di Pasar Induk Lau Cih telah tersedia. 

Nantinya, pupuk akan dipasarkan dan dapat menambah pendapatan daerah. 

"Nah ini sudah ada dibuat, kita sudah kerjasama juga kemarin bagaimana pengolaannya, ini sudah ada di belakang, ditumpuk dulu 7 hari sampai 10 hari, diendapkan dulu baru kita pisahkan baru dijadikan pupuk," tuturnya.

"Pupuknya juga sudah lulus uji lab, alhamdulillah hasilnya bagus, ini mau coba kita pasarkan," kata Bobby.

Untuk permulaan, pihaknya masih akan mendistribusikan pupuk ke kecamatan-kecamatan di Medan yang memiliki Urban Farming atau lahan pertanian kota. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved