Breaking News:

CUMA Hasil Pilkada Siantar yang Belum Dilantik, Gubernur Edy Sebut Tunggu SK dari Kemendagri

Sebanyak 23 kabupaten/kota di Sumatra Utara menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak pada 9 Desember 2020 lalu.

Editor: Randy P.F Hutagaol
TRIBUN MEDAN/HO
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sebanyak 23 kabupaten/kota di Sumatra Utara menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak pada 9 Desember 2020 lalu.

Dari total daerah itu, hanya tinggal hasil Pilkada Pematangsiantar yang hingga kini belum sama sekali dilantik oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Di samping masa periodesasi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar, Hefriansyah Noor-Togar Sitorus yang baru akan berakhir pada Februari 2022 mendatang, juga karena belum turunnya Surat Keputusan (SK) Pelantikan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

"Masih ada persoalan Siantar, waktunya itu sampai bulan Februari 2022. Kalau pun sudah diatur, harusnya sudah keluar suratnya (SK)," kata Edy, Rabu (15/9/2021).

Memang untuk Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar, ada wacana untuk mempercepat masa periodesasi pasangan kepala daerah yang saat ini menjabat, untuk kemudian digantikan dengan hasil Pilkada Serentak 2020.

Namun, SK pelantikannya belum juga diterima oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

"Gubernur selaku yang melantik atas nama presiden, tak bisa juga melantik kalo SK-nya tak dikeluarin. SK-nya dari mana, dari Mendagri," ucap Edy.

Untuk diketahui, bahwa proses administrasi pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada Siantar 2020 belum juga terpenuhi, termasuk dari DPRD setempat.

Pilkada Siantar 2020 diketahui hanya diikuti satu pasangan calon, yakni Asner Silalahi dan Susanti Dewayani.

Adapun hasil Pilkada tersebut, pasangan Asner-Susanti meraih 43.919 suara atau 75,3 persen dari total suara sah.

Namun, usai Pilkada Siantar 2020, Asner selaku Wali Kota terpilih meninggal dunia pada 14 Januari 2021 silam.

Sehingga apabila jadwal pelantikan telah ditetapkan, maka Gubernur Sumut hanya akan melantik Susanti Dewayani sebagai Wakil Wali Kota Siantar.

(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved