Breaking News:

Vaksinasi Ibu Hamil

Ibu Hamil di Sergai Mulai Jadi Sasaran Vaksinasi, Syaratnya Sebagai Berikut

Sejumlah ibu hamil di Kabupaten Serdangbedagai mulai jalani vaksinasi dengan syarat sebagai berikut

Penulis: Muhammad Anil Rasyid | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN / Muhammad Anil Rasyid
Kadis Kesehatan Sergai dr Bulan Simanungkalit menyuntikan vaksin ke ibu hamil di kantor Desa Sei Rejo, Kecamatan Sei Rampah, Rabu (15/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.COM,SERGAI - Wakil Bupati Serdangbedagai Adlin Umar Yusri Tambunan memastikan vaksinasi Covid-19 aman untuk ibu hamil.

Hal itu diungkapkan Adlin Tambunan saat menyambangi vaksinasi buat ibu hamil Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) di kantor Desa Sei Rejo, Kecamatan Sei Rampah, Rabu (15/9/2021).

Adlin Tambunan mengatakan, pada kesempatan ini ibu hamil disuntuk vaksin Moderna.

Baca juga: Besok Tanggal Cantik, Ini Penjelasan Rumah Sakit Soal Ibu Hamil yang Mungkin Lahiran Lebih Awal

Vaksin ini dikhususkan bagi ibu hamil yang masa kandungannya 13 minggu keatas.

"Vaksin ini dipastikan aman buat ibu hamil yang masa kandungannya 13 minggu keatas. Ditargetkan seluruh ibu hamil yang ada di Kabupaten Serdangbedagai dapat divaksin," ujar Adlin.

Wakil bupati Sergai ini juga mengimbau kepada para ibu hamil untuk hadir ke seluruh puskesmas yang ada disetiap kecamatan.

"Sampaikan ke teman dan tetangga para ibu yang hamil untuk segera ikuti program vaksinasi ini. Vaksin ini menggunakan vaksin moderna," ujar Adlin.

Baca juga: Cara Wali Kota Medan Percepatan Vaksinasi Covid-19, Khusus Ibu Hamil Begini Langkah Jitunya

Lanjut Adlin, pemerintah Kabupaten Serdangbedagai terus berupaya agar bisa keluar dari pandemi Covid-19 dan beralih ke endemi.

"Meskipun sudah di vaksin Ibu-ibu tetap harus menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 5M. Walau sudah divaksin seluruh masyarakat tetap bisa terpapar covid, namun bagi yang sudah divaksin tidak memberikan efek parah," ujar Adlin.

"Makanya tetap jaga prokes 5M, menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan. Ini semua tentunya demi langkah Sergai yang Sehat," sambungnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Serdangbedagai Rosmaida Darma Wijaya menambahkan, ibu hamil merupakan kelompok yang beresiko tinggi terpapar Covid-19.

Baca juga: Puluhan Ibu Hamil Disuntik Vaksin Covid di RS USU, Nawal Lubis Ajak PKK Bantu Sosialisasi

"Wanita hamil bersiko tinggi terdampak Covid-19 dan bisa berakibat pada ibu hamil dan janin yang dikandung. Bila terjadi efek samping dapat diberikan obat sederhana dari puskesmas setempat. Ini langkah awal melindungi ibu hamil agar tidak terpapar Covid-19," ujar Rosmaida.

Pencegahan dan penanganan Covid-19 tentunya terus dilakukan baik sosialisasi dan tindakan sebagainya.

"Ibu hamil yang usia kandungannya 13 hingga 33 minggu bisa divaksin. Namun ibu hamil diharakan tetap menjalan prokes. Peran aktif bidan desa dan kader PKK untuk mensosialisasikannya juga sangat diharapakan demi membebaskan Sergai dari pandemi ini," tutup Rosmaida. (cr23/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved