Breaking News:

News Video

Menikmati Destinasi Wisata Goa Sigalapang, Grand Canyon Versi Bumi Asahan

Goa yang memiliki aliran sungai tenang serta diapit oleh dua tebing batu, sehingga banyak yang menyamakannya dengan Grand Canyon yang ada di Amerika.

Penulis: Alif Al Qadri Harahap | Editor: Bobby Silalahi

TRIBUN-MEDAN.COM, ASAHAN - Bagi kamu pecinta pesona alam Indonesia, khususnya di Sumatera Utara, kamu wajib mengunjungi destinasi wisata Gua Sigalapang yang terletak di perbatasan Desa Loburappa, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan dengan Desa Meranti Timur, Kecamatan Meranti Pohan, Kabupaten Toba.

Goa yang memiliki aliran sungai tenang serta diapit oleh dua tebing batu yang tinggi di sisi kanan dan kiri sehingga banyak yang menyamakannya dengan Grand Canyon yang ada di Amerika.

Kamu yang memiliki jiwa berpeluang, memang cocok untuk mengunjungi goa ini. Sebab, kamu harus berjalan kaki untuk menyusuri jalan setapak yang akan membelah hutan.

Jalan yang menurun, akan memaksamu untuk memiliki stamina yang prima dan kuat. Setengah perjalanan, kamu akan mendengar suara deburan air terjun kecil yang berada tertelak di tengah goa.

Setibanya di lokasi, kamu akan di jumpai oleh beberapa tenda kecil yang di sediakan masyarakat sekitar untuk kamu beristirahat dan menitipkan barang-barang bawaan.

Di destinasi wisata ini, masyarakat menyiapkan dua buah rakit kecil yang disusun. Hanya membayar Rp 10 ribu, kamu sudah bisa menyusuri seisi goa Sigalapang yang akan di tuntun oleh warga.

Saat menaiki rakit, kamu akan melintasi air terjun yang jatuh dari sela-sela tebing. Namun, kamu harus berhati-hati, sebab kedalaman air di Goa Sigalapang mencapai kedalaman 5 Meter.

Seorang wisatawan, Nurkarim Nehe mengaku sangat terpesona dengan keindahan alam Goa Sigalapang. Ia mengatakan tidak percaya bahwa di tanah Asahan masih ada pemandian alam seasri Goa ini.

"Kaya Grand Canyon. Tapi di tengahnya ada air terjun sehingga membuat kita-kita yang sudah berumur ini seperti refleksi," ujar Karim.

Ahmad Sahala, Pengelola mengaku Goa ini baru beroperasi sejak tiga tahun lalu. Harta karun di pedalaman Asahan ini akan ramai bila akhir pekan tiba.

"Kalau wisata ini ramai di akhir pekan seperti di hari Jumat, Sabtu, Minggu. Kalau hari libur nasional juga ramai," katanya.

Untuk kamu yang ingin ke Goa ini, kamu akan memakan waktu 3 jam dari Kota Kisaran, Kabupaten Asahan.

(cr2/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved