Breaking News:

Penipuan CPNS Kemenkumham

Posisi CPNS di Kemenkumham Sumut Dibanderol Rp 200 Juta, Korban: Enggak Ada yang Gratis di Dunia Ini

Seorang wanita yang menyandang titel Dra membanderol pendaftaran CPNS Kemenkumham Sumut sebesar Rp 200 juta

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/GITA NADIA TARIGAN
Sidang perkara dugaan penipuan oleh calo PNS dengan terdakwa Dra Srinawaty Sembiring yang digelar di Pengadilan Negeri Medan, Rabu (15/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN- Aksi tipu-tipu modus penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kementerian Hukum dan HAM Sumut terbongkar di Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Seorang korbannya, Elisa Rustini Sirait mengatakan bahwa jabatan CPNS di Kemenkumham Sumut dibanderol Rp 200 juta oleh terdakwa Dra Srinawaty Sembiring.

Saat hadir sebagai saksi di PN Medan, Elisa mengatakan dia menyetor uang Rp 200 juat itu kepada Dra Srinawaty Sembiring lantaran dijanjikan pelaku bisa meloloskan anaknya sebagai CPNS di Kemenkumham Sumut. 

Baca juga: Nama SBY, Ali Umri Hingga M Idaham Disebut-sebut Dalam Sidang Kasus Penipuan CPNS

"Anak ku Thommy kan dafrar PNS di Kemenkumham, dan dia (terdakwa) menawarkan dengan imbalan Rp 200 juta. Sudah ku kasih uangnya, tapi anak ku enggak masuk (PNS)," kata Elisa di hadapan hakim ketua, Imanuel Tarigan, Rabu (15/9/2021).

Mendengar hal tersebut, hakim lantas menyentil saksi.

"Menurut mu perlu bayar ratusan juta masuk PNS?," tanya hakim.

Dengan santai, Elisa menjawab ia merasa perlu memberi uang Rp 200 juta agar anaknya bisa lolos menjadi PNS karena ia menganggap hal tersebut wajar.

"Perlu, enggak ada yang gratis di dunia ini pak," cetusnya.

Baca juga: INI Kisi-kisi Ujian SKD CPNS 2021 dan Cara Download dan Cetak Kartu Ujian CPNS

Mendengar hal tersebut, sontak hakim menasehati saksi bahwa seluruh informasi soal pendaftaran CPNS itu gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

"Darimana kau pahami itu? Ada TV dan koran di rumah mu kan? Beginilah yang sering terjadi, ujung-ujungnya kan Anda yang dirugikan," kata Hakim.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved