Breaking News:

Anggota DPRD Siantar Ferry Sinamo Diharuskan Ganti Rugi Rp 900 Juta ke Korban Bisnis Sahamnya

Anggota DPRD Ferry Sinamo diharusan oleh hakim Pengadilan Negeri Pematangsiantaruntuk membayar kerugian para penggugat senilai Rp 900 juta.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Liston Damanik
Tribun Medan/Tommy Simatupang
Anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan Ferry Sinamo. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Anggota DPRD Siantar Ferry Sinamo diharuskan oleh hakim Pengadilan Negeri Pematangsiantaruntuk membayar kerugian para penggugat yang sempat berinvestasi saham padanya.

Humas PN Pematangsiantar Rahmad Hasibuan mengatakan, gugatan perdata atas Ferry Sinamo yang didaftarkan sebanyak tujuh perkara. Dan dari ketujuh perkara tersebut, lima perkara di antaranya sudah diputuskan.

"Tergugat (Ferry Sinamo) diperintahkan untuk mengembalikan titipan pokok yang disetorkan sebelumnya," ujar Rahmad yang diwawancarai, Kamis (16/9/21).

Rahmad menjelaskan, setelah putusan tersebut dibacakan, tergugat Ferry Sinamo memiliki masa tenggang selama tujuh hari. Yang bersangkutan diberi waktu untuk pikir-pikir untuk menerima atau mengajukan keberatan.

Adapun kelima perkara yang diputuskan, masing-masing penggugat adalah, Leo Nardo Simanjuntak, Tienny, Suandi Sinaga, Rugun, dan Juniar Hutapea. 

Ferry Sinamo diwajibkan membayar kerugian dari kelima tergugat tersebut di atas yang nilainya kurang lebih Rp 900 juta.

Sementara itu, Binaris Situmorang yang merupakan kuasa hukum para penggugat merasa sangat bersyukur karena praktik mengumpulkan uang dari kalangan masyarakat berdalihkan investasi sudah terjawab.

"Dalam gugatan sederhana ini ada tujuh sebenarnya yang menggugat. Dia sebagai pejabat publik jelas sudah mencederai kerja-kerja sebagai pejabat publik. Saya kira seorang pejabat publik mengerjakan bisnis ilegal sangat mencedarai demokrasi," ujarnya kembali.

Lebih lanjut Binaris, seharusnya PPATK merespon hal ini dan menjadi alasan mendorong kepolisian untuk memproses laporan para korban di Polres Siantar.

"Putusan hakim mestinya menjadi bukti yang menguatkan bagi polisi mempercepat penanganan laporan para penggugat. Itu menjadi bagian alat bukti yang akan kita sampaikan kepada polisi dan semoga kepolisian menelusuri latarbelakang yang dilakukan Ferry Sinamo dalam menggalang uang dari masyarakat," terangnya.

(alj/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved