Breaking News:

Imigrasi Medan

Ingin Urus Paspor pada Masa PPKM di Imigrasi Medan? Berikut Caranya

Status pelaksanaan PPKM Level 4 di wilayah Kota Medan diperpanjang sampai dengan 20 September 2021.

Editor: Ismail
Dok. Imigrasi Medan
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan yang berada di Jalan Gatot Subroto Medan Helvetia. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Status pelaksanaan PPKM Level 4 di wilayah Kota Medan diperpanjang sampai dengan 20 September 2021. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Tato Juliadin Hidayawan, mengatakan bahwasanya Kanimsus Medan tetap mengakomodir kebutuhan masyarakat yang hendak bermohon untuk membuat paspor termasuk paspor baru maupun penggantian/perpanjangan paspor.

“Saat ini jumlah pemohon paspor di Kanimsus Medan memang kami batasi sejak pemberlakuan PPKM di wilayah Kota Medan,” ungkap Tato.

Kakanimsus Medan juga menyebutkan bahwasanya pelaksanaan permohonan paspor terlebih dahulu mengajukan antrian online pada APAPO. “Pada hari kerja Senin sampai dengan Jumat selain hari Libur Nasional masyarakat bisa mengajukan antrian permohonan paspor sebelum datang ke Kanimsus Medan, seperti kita ketahui bersama bahwa ada beberapa Negara yang sudah memperbolehkan WNI untuk masuk”, tambah Tato.

Dalam pelaksanaan permohonan paspor pada masa PPKM menurut Kakanimsus Medan, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat antara lain dari awal masuk pemohon diukur suhu tubuhnya, wajib mencuci tangan, serta wajib menggunakan masker dan hanya melepas masker saat dilaksanakan pengambilan foto biometrik.

“Seluruh petugas kita di Kanimsus Medan termasuk pada pelayanan paspor telah divaksinasi dengan dosis lengkap, serta senantiasa menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan tersebut”, tambah Tato. “Untuk biaya pembuatan paspor sendiri ada dua jenis paspor biasa yang dikeluarkan oleh Imigrasi yaitu Paspor Biasa Non Elektronik dengan tarif 350.000 serta Paspor Biasa Elektronik dengan tarif 650.000,” ungkap Tato.

Jika melihat data jumlah permohonan paspor dari sistem yang ada pada Kanimsus Medan dari awal tahun sampai hari ini Kamis, 16 September 2021 sebanyak 5513 permohonan. “Saat ini permohonan pembuatan paspor yang paling sering dilaksanakan adalah permohonan untuk awak alat angkut atau tujuan kuliah di Luar Negeri selain itu beberapa juga untuk persiapan umroh atau wisata ke Negara yang sudah menerima paspor Indonesia,” tambah Tato.

Menurut Kakanimsus Medan, jika pemohon paspor berhalangan hadir pada hari dan jam pelayanan ada inovasi yaitu EAZY PASSPORT untuk mengakomodir komunitas atau kantor yang hendak melakukan permohonan paspor tersebut. “Melalui EAZY PASSPORT, masyarakat bisa bermohon agar Kanimsus Medan yang datang ke tempat atau lokasi pemohon dengan teknis bersurat dan mengajukan permohonan terlebih dahulu minimal 50 pemohon,” ungkap Tato.

Jadi, untuk yang hendak melakukan permohonan paspor tetap bisa dilaksanakan pada masa PPKM saat ini, langsung saja mengajukan antrian dari APAPO dan datang ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan yang berada di Jalan Gatot Subroto Medan Helvetia.

Oleh: Ariza (Analis Keimigrasian - Kanimsus Medan)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved